Anies Baswedan Ziarah Makam Batoro Katong Ponorogo, Ada Ritual Khusus

Putra
Anies Baswedan dan sesepuh serta juru kunci ziarah makam Batoro Katong foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Disaat melakukan kunjungan di Ponorogo, Calon Presiden (Capres) 2024 Anies Baswedan melakukan ziarah makam Batoro Katong, bersama perwakilan para sesepuh dan juru kunci se Kabupaten Ponorogo.

Terlihat, Anies Baswedan datang di kompleks pendiri Ponorogo tersebut dengan mengenakan baju penadon yang biasa digunakan oleh warok. Pada saat masuk gerbang makam, langsung disambut oleh puluhan juru kunci makam di seluruh Ponorogo.

Selain itu ada sebuah ritual khusus yang dilakukan pada saat akan melakukan ziarah. Dimana para juru kunci membawa setangkep pisang berikut kelapa, mengiringinya. 

“Kami sengaja berziarah ke makan Batoro Katong. Kita semua menyadari peran beliau adalah tokoh tauladan yang juga pendiri Ponorogo,” kata Anies.

Lanjutnya, Anies setelah melakukan doa bersama di makam menambahkan bahwa banyak pesan dari Raden Batoro Katong kepada anak cucunya. Salah satunya tentang nilai kejujuran.

“Ada salah satu pesan yang saya ingat terus, bahwa harus jujur, terlebih ketika diamanahi sebagai seorang pemimpin,” terangnya.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network