Kisah Sukses Pria di Ponorogo Budidaya Cacing Sutra, Omsetnya Seharga Mobil

Putra
Ginanjar budidaya cacing sutra beromset menggiurkan foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Seorang pria di Ponorogo, bernama Ginanjar Brillianto ini sukses membudidaya cacing sutra, yang ia ambil dari sungai didekat rumahnya. Bahkan omset dari cacing untuk pakan ikan ini mencapai puluhan juta rupiah.

Awalnya warga jalan Merbabu, Kelurahan Banyudono, Kecamatan Kota, Ponorogo, ini cuma berniat untuk menjaga kelestarian sungai yang ada di dekat rumahnya. Namun ternyata ada sesuatu yang bisa diambil dan menghasilkan pundi-pundi cuan.

"Saya ingin memelihara sungai agar tetap bersih, sekaligus mendapat nilai ekonomi, jadi kenapa saya  membudidayakan cacing sutra," katanya.

Lanjutnya, budidaya cacing sutra, tidaklah sulit, yaitu dengan memupuk sungai dengan kotoran ayam. Hal ini dilakukan agar kondisi sungai menjadi lebih subur sehingga cacing dapat berkembang biak dengan baik.

Setelah bertambah banyak, lalu Ginanjar bersama teman-temannya, setiap hari mengambil atau memanennya.

“Cacing diambil dari sungai berikut pasirnya, baru nanti diendapkan untuk memisahkan tanah atau pasir dengan cacing sutra,” tambahnya.

Penjualan cacing sutra yang dihasilkan oleh Ginanjar masih terbatas pada wilayah Ponorogo saja. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan dari para pembudidaya ikan hias.

“Untuk memenuhi kebutuhan lokal saja kurang, karena cacing sutra merupakan makanan pokok larva atau anakan ikan,” terangnya.

Kemudian untuk harganya sendiri, menurut Ginanjar, 1 kilogram cacing sutra Rp50 ribu. Didalam satu hari Ia mampu terjual sampai lebih dari 5 kilogram.

“Kalau total per bulan bisa mencapai Rp10 juta, omsetnya. Kemarin hasilnya saya sisihkan untuk beli mobil,” ungkapnya.

Semenatar itu Reza Kurniawan, salah satu pembeli cacing sutra mengungkapkan bahwa didalam cacing sutra ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk pertumbuhan anakan ikan

“Hampir setiap hari saya membeli cacing sutra, karena memang agak susah dicari,” pungkasnya.

Budidaya cacing sutra di Ponorogo ini tidak cuma memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Namun juga sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan sungai.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network