Hutan Lindung di Ponorogo Terbakar Hebat, Petugas Evakuasi Satwa

Putra
Kebakaran hutan kembali terjadi di Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kebakaran kembali terjadi di Ponorogo, kali ini area hutan lindung milik perhutani gunung Tapak Doro, yang ada di Desa Maguhan, Kecamatan Sambit, atau petak 135b, Perum Perhutani RPH Bungkal, BKPH Ponorogo Timur, KPH Lawu DS, terbakar hebat.

Menurut warga, kebakaran ini sudah terjadi sejak minggu sore kemarin dan terus merembet dan membesar hingga senin malam. Bahkan beberapa titik juga mulai mendekati pemukiman warga.

Petugas gabungan dari polisi, TNI dan BPBD yang datang ke lokasi kesulitan melakukan pemadaman api yang sudah membakar sekitar 4 hektar hutan lindung berisikan tanaman jati.

Selain medan yang curam dan ekstrim, besarnya tiupan angin dan banyaknya dedaunan kering membuat proses pemadaman secara manual sulit dilakukan.

“Lokasinya cukup jauh dan medannya cukup terjal beserta ditambah adanya jurang ekstrem, sehingga tim mengalami kesulitan untuk memadamkan kebakaran ini,” kata Adi Samadi, Tim TRC BPBD Ponorogo.

Tidak hanya merusak ekosistem, sejumlah habitat penghuni hutan ini juga mati karena terjebak kebakaran hutan. Sedangkan beberapa diantaranya berhasil diselamatkan dan dievakuasi petugas BPBD, saat tengah melakukan pemadaman api.

“Beberapa kali kami bertemu dengan binatang penghuni hutan ini, seperti ular dan satwa liar lain terpaksa dievakuasi dari lokasi kebakaran agar tidak mati,” terangnya. 

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network