Deretan 5 Siluman Ular di Indonesia, Dikenal Sangat Menyeramkan

Putra
Deretan siluman ular yang ada di Indonesia foto: ilustrasi/istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Diberbagai daerah di Indonesia, sering kita dengar akan legenda maupun mitos tentang keberadaan siluman ular yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Siluman ular, digambarkan sebagai ular raksasa yang menakutkan dan menjelma menjadi penghuni berbagai kawasan seperti hutan, sungai, danau, gua, dan tempat-tempat lainnya. 

Bentuknya yang besar serta terkadang wujudnya yang separo adalah manusia, menjadikannya cukup menakutkan, apalagi tempat-tempat mereka berada di lokasi yang sepi dan menyeramkan.

Berikut 5 siluman ular terbesar di Indonesia yang menakutkan, berdasarkan berbagai sumber.

  • Ular Nabau

Nabau diyakini oleh sebagian orang sebagai ular raksasa yang mendiami sungai pedalaman Kalimantan, terutama sungai Mahakam. 

Ular ini memiliki panjang mencapai 50 hingga 80 meter, berwarna hitam, dan memiliki kepala yang menyerupai naga. Keberadaannya telah menjadi salah satu cerita misteri yang melegenda di Kalimantan.

  • Nyi Blorong Ular

Nyi Blorong adalah seorang wanita cantik, tetapi ia bisa menjelma menjadi siluman ular yang lebar dan besar dengan panjang sekitar 30 hingga 50 meter. 

Cerita mengenai Nyi Blorong telah menjadi bagian dari mitos dan legenda Jawa yang menakjubkan.

  • Ular Naga Gendeng

Sungai Mahakam juga diyakini oleh sebagian orang sebagai tempat tinggal bagi ular naga raksasa yang dikenal sebagai Naga Gendeng. 

Kisah ini dimulai dengan konon raja pertama dan pendiri kerajaan Kutai Kartanegara, Aji Batara Agung, bersama permaisurinya Putri Karang Melenu yang diceritakan lahir dan muncul secara tiba-tiba.

  • Ular Tangkalaluk

Tangkalaluk juga dikenal sebagai raja ular piton. Ular raksasa ini berdiam di hutan belantara Kalimantan dengan banyak misteri yang mengitarnya. 

Namun ada yang menyebut bahwa secara ilmiah, Tangkalaluk lebih dikenal dengan nama Reticulated Python.

  • Ular Putih

Ular putih biasanya hidup di gua-gua yang menyeramkan di Nusa Tenggara Timur. Bahkan, ada cerita konon seorang warga dari Australia pernah menemukan seekor ular putih raksasa di sebuah gua. 

Ular putih ini menjadi bagian dari mitos dan cerita horor yang tersebar luas di wilayah tersebut.

Itulah beberapa contoh siluman ular terbesar di Indonesia yang terus menjadi bagian dari mitos dan cerita urban yang menarik. Meskipun keberadaan mereka mungkin tak terbukti secara ilmiah, cerita-cerita ini tetap hidup dalam budaya dan tradisi masyarakat Indonesia.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network