Gadis 19 Tahun Jadi Wisudawan Termuda di ITS, Bagaimana Kisahnya?

Puti Aini Yasmin
Tiara Wisudawan ITS Termuda

JAKARTA, iNews.id - Gadis berusia 19 tahun bernama Tiaranisa’i Fadhilla dari Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS berhasil menjadi wisudawan termuda. Bagaimana kisahnya? Simak di sini.

Gadis yang akrab disapa Tiiara ini ternyata telah mengenyam bangku sekolah sejak usia 3,5 tahun. Lalu, ia masuk sekolah dasar di usia 5,5 tahun dan ketika di jenjang SMP ia mengambil program akselerasi menjadi dua tahun.
 

Karena hal itu, ia sempat merasa proses yang ia lewati begitu cepat. Namun, ia tak begitu menyesal karena sempat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

“Karena saya ambil program tersebut, jadi kurang bisa mengeksplor maksimal kegiatan di luar akademik, tapi untungnya waktu itu saya sempat ikut (kegiatan) jurnalistik,” ucap Tiara dikutip dari laman resmi Unair, Sabtu (26/3/2022).
 

Kemudian, saat duduk di bangku SMA, mahasiswi yang lulus dengan IPK 3,57 ini memutuskan untuk kembali mengambil kelas akselerasi sehingga lulus di tahun 2018. Ia pun mengaku sangat menikmati masa tersebut.

“Karena walau momen emas di SMA saya cepat bukan berarti saya tidak bisa merasakannya dengan teman-teman yang lain, dan di lain hal tentu akademik tetap menjadi nomor satu,” tutur gadis kelahiran 1 Desember 2002 ini.
 

Ternyata, keputusannya mengambil kelas akselerasi karena melihat dari sang kakak yang juga mengambil program serupa. Selain itu, ia juga ingin meringankan beban orang tuanya.
 

Setelah lulus dari SMA, bungsu dari tiga bersaudara ini memilih jurusan Statistika di ITS sebagai langkah selanjutnya dalam menempuh ilmu. Ia menuturkan, dahulu menjadi aktuaris adalah mimpi bagi seorang Tiara, karena aktuaris merupakan profesi yang dibutuhkan dan sedang banyak peminat.

Menjadi yang termuda di angkatannya, tidak membuat anak dari pasangan Enik Sukamti dan Choirul Anwar ini merasakan kesusahan yang berarti. Dari sisi akademik, Tiara mendapatkan banyak dukungan sekaligus bantuan dari sesama temannya.
 

Selain menyukai ilmu berhitung, ia juga suka berorganisasi. Selama berkuliah di ITS, Tiara mengaku cukup puas dalam kontribusinya menjabat di berbagai organisasi. Bahkan, ia pernah menjadi ketua di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITS Foreign Language Society (IFLS) 2020/2021 dan ketua Lembaga Minat Bakat (LMB) ITS 2021/2022.

Selain berkontribusi di kegiatan, Tiara juga dipercaya menjadi asisten dosen di mata kuliahStatistical Quality Control (2021) dan Statistics Data Mining (2022) serta mengikuti program Kerja Praktik (KP) dan magang di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“Kemarin di sana (Kemdikbudristek) sempat menjadi tim satuan tugas (satgas) penjamin mutu pendidikan dan tim perancangan yang bertugas dalam analisis kebijakan, analisis dampak pandemi terhadap akses pendidikan, dan lain-lain,” ujar dia.

Dari pengalamannya selama berkecimpung di ilmu sosial kependudukan tersebut, Tiara pun membawa isu tersebut sebagai topik Tugas Akhir-nya yang berjudul Analisis Hubungan Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi terhadap Kualitas Pendidikan Sekolah Menegah Atas (SMA) Menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS).

“TA saya membahas tentang dampak perubahan proses pembelajaran ke kualitas pendidikan, dengan wilayah Pulau Jawa dan Indonesia Timur,” ucapnya.

Dengan semua langkah cepat yang dilaluinya, ia berpesan kepada adik-adik di bawahnya untuk perbanyak relasi di mana saja, serta tetap konsisten mengerjakan TA. Sebab, ia menilai semua tentu ada waktunya. 

“Tipsnya adalah apapun progres-nya tetap dilakukan dan kabari dosen bersangkutan, seringlah untuk diskusi dengan dosen, tidak perlu cepat-cepat semua pasti akan ada waktunya,” tutup dia.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network