get app
inews
Aa Read Next : Unik, Belasan Karya Seni Rupa Seniman Cilik Ponorogo Dipamerkan di Omah Bantarangin

Sejarah Jakarta 1990-an Lewat Karya Agus Suwage di Museum Macan

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:20 WIB
header img
Museum Macan hadirkan karya seni Agus Suwage (Foto: Instagram @museummacan)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar seni, Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Museum ini dikenal menyimpan karya-karya seni modern dan kontemporer.

Kali ini, Anda dapat menikmati karya-karya perupa Agus Suwage dengan tajuk "The Theater of Me" sejak Sabtu 4 Juni 2022 hingga 15 Oktober 2022.

Pameran besar ini dikembangkan oleh Museum Macan dan dikurasi oleh direktur Museum, Aaron Seeto.

Agus Suwage: The Theater of Me adalah upaya besar dari Museum Macan untuk memastikan perupa terkemuka Indonesia memiliki kesempatan untuk memamerkan karyanya kepada masyarakat Indonesia.

Sejumlah karya penting bersejarah yang dibuat Agus Suwage pada pertengahan hingga akhir tahun 1990an di Jakarta, saat Jakarta (dan Indonesia) pada saat itu sedang menghadapi perubahan politik dan sosial yang masif.

Salah satu karya Agus Suwage yang berjudul "Maka Lahirlah Angkatan 90-an" merupakan respons terhadap karya S. Sudjojono yang berjudul "Maka Lahirlah Angkatan 66" di mana
dua-duanya memperlihatkan seorang laki-laki yang sedang memegang kaleng cat dan kuas, serta pada karya Agus Suwage tersebut, sang laki-laki kebetulan terlihat memegang kaleng cat Mowilex Emulsion yang berwarna biru.

Persiapan pameran yang dilakukan oleh Museum Macan dimulai dari membuat desain pameran hingga melakukan pengecatan warna-warna pada area pameran Agus Suwage.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut