Logo Network
Network

Wagub Jatim Serahkan Piala Presiden Pemenang Festival Reog Nasional

Putra
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:11 WIB
Wagub Jatim Serahkan Piala Presiden Pemenang Festival Reog Nasional
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyerahkan tropy piala Presiden Festival Nasional Reog Ponorogo (foto; iNews.id/Putra)

PONOROGO, iNews.id - Pada saat malam perayaan Grebeg Suro di panggung utama Aloon-aloon Kabupaten Ponorogo, hadir Wakil Gubernur Jawa Timur  Emil Elistianto Dardak, sekaligus menyerahkan hadiah pada pemenang Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP).

Setelah berlangsung selama empat hari, dari 27 groub Reog dari Ponorogo maupun kontingen dari berbagai daerah di Indonesia, menampilkan kebolehannya dalam festival Reog. Maka pada FNRP ke 27 tahun 2022 ini, yang berhak mendapatkan piala bergilir Presiden Republik Indonesia adalah groub Reog dari SMAN 1 Ponorogo.

Festival Nasional Reog Ponorogo merupakan bentuk pelestarian kesenian tradisonal, sekaligus bagian dari bukti bahwa Reog Ponorogo adalah milik Kabupaten Ponorogo.

"Reog merupakan termasyhur di muka bumi, apa mungkin diklaim?, saya saja dari lahir, pertama kali kenal Ponorogo tidak  pernah terpisahkan dari Reog dan Ponorogo," ujar Wagub Emil.

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa, Festival Reog Nasional Ponorogo adalah sangat penting untuk mengukuhkan Reog dan Ponorogo sulit untuk dipisahkan. Malaysia sudah menyampaikan reog itu juga Ponorogo.

"Ketika saya pergi ke Hongkong ketemu reog, di Australia juga ketemu reog. Tetapi punjer (pusat) tetap di Ponorogo," terangnya.

Perkembangan dari masa ke masa, masih menurut Emil, Reog Ponorogo semakin bagus, dari segi penampilan atau dari sudut pandang yang lain.

“Seperti saat ini, ada perpaduan pertunjukan kesenian tradisional dengan teknologi digital LED, ini jelas sangat luar biasa,” ungkapnya.

Keberadaan kesenian tradisonal memang tidak lepas dari industri pariwisata, sehingga hal ini menjadi nilai jual para wisatawan untuk datang berkunjung ke Ponorogo.

“Kami bersama Ibu Gubernur, mewakili pemerintah Propinsi akan terus mendukung, perkembangan pariwisata di daerah,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.