get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

Jelang Final Piala AFF U-16 2022, Pelatih Vietnam Takut dengan Suporter Indonesia

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 07:13 WIB
header img
Pelatih Timnas Vietnam Nguyen Quoc Tuan (ist)

PELATIH Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, meminta pengawalan ekstra dari pihak keamanan saat bersua Timnas Indonesia U-16 di final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8/2022) pukul 20.00 WIB. Ia khawatir dengan keselamatan para pemainnya, mengingat suporter Timnas Indonesia U-16 dikenal sangat atraktif.

Karena itu, Nguyen Quoc Tuan memohon kepada PSSI dan panitia pelaksana pertandingan lokal (LOC) agar menyediakan pasukan pengamanan khusus untuk skuadnya. Hal itu terutama ketika para pemain Timnas Vietnam U-16 melakukan pemanasan di pinggir lapangan.

Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Vietnam U-16

"Kami berharap mendapatkan pengawalan dari pihak keamanan," ujar Nguyen Quoc Tuan dalam konferensi pers sebelum laga final, mengutip dari ANTARA.

Menurut pria yang sempat menangani Timnas Vietnam U-23 ini, para pemainnya mendapatkan tekanan besar dari para suporter Indonesia. Hal itu terjadi ketika Vietnam bersua Timnas Indonesia U-16 di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu 6 Agustus 2022 malam WIB.

Bahkan, bukan cuma verbal, para pemain Vietnam juga mendapatkan tekanan dalam bentuk lemparan kemasan minuman. Momen itu terjadi ketika personel cadangan Vietnam tengah melakukan pemanasan saat jeda pertandingan.

"Saya pikir, terkadang suporter Indonesia terlalu bersemangat memberikan dukungan. Itu yang membuat kami kesulitan," kata Nguyen Quoc Tuan.

Meski demikian, Nguyen Quoc Tuan menegaskan skuadnya siap menghadapi tekanan dari suporter tuan rumah. "Kami sudah menyiapkan mental pemain agar mereka selalu percaya diri," tegas sang pelatih.

Nguyen Quoc Tuan

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, juga meminta kepada para suporter untuk selalu sportif dalam memberikan semangat kepada anak-anak asuhnya. "Dukung kami secara sportif dan fair. Kita harus sukses sebagai tuan rumah dan respek dengan semua lawan," tegas pelatih 46 tahun ini.

Final Piala AFF U-16 2022 dijadwalkan berlangsung di Stadion Maguwoharjo pada Jumat (12/8/2022) mulai pukul 20.00 WIB, beberapa jam setelah Thailand dan Myanmar bertemu di laga perebutan tempat ketiga.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam di final AFF U-16. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sempat mengalahkan Vietnam 2-1 dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut