get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Temukan Hiu Langka, Bentuk Mirip Monster

Kisah Stefan Zoleik, Pria Slovakia dengan Tumor 6 Kg di Wajahnya Selama 10 Tahun

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:52 WIB
header img
Kisah Stefan Zoleik (Foto: The Mirror)

JAKARTA, iNews.id - Stefan Zoleik, seorang pria asal Slovakia mengalami kondisi langka yang membuatnya memiliki tumor seberat 6 kilogram di area wajah serta lehernya. Kondisi ini menyebabkan Zoleik harus berhenti dari pekerjaannya sebagai montir. Tak hanya itu, ia juga selalu menjadi pusat perhatian ketika sedang berada di luar rumah.

Beruntungnya, setelah 10 tahun tersiksa dengan tumor seberat 6 kilogram di wajahnya itu, Zoleik akhirnya berhasil dioperasi pada 2014 silam. Bagaimana kisah Stefan Zoleik selengkapnya? Simak ulasan iNews.id berikut ini.

Kisah Stefan Zoleik

Dikutip dari Daily Star, Stefan Zoleik pertama kali menyadari rahangnya mengalami pembesaran yang tidak wajar saat ia berusia di awal 20-an.

Rupanya, Stefan Zoleik mengalami kondisi langka yang disebut Madelung. Penyakit tersebut membuatnya memiliki tumor jinak jaringan lemak atau lipoma di sekitar leher, bahu, dan lengan bagian atas.

Mengutip Daily Mail, Madelung ini biasanya menyerang pria berusia 30 hingga 70 tahun.  10 tahun sejak tumor tersebut pertama kali tumbuh di wajahnya, Zoleik akhirnya dioperasi.

Pada Juni 2014, Zoleik menjalani operasi pengangkatan selama lima jam di sebuah rumah sakit di Kota Martin, Slovakia Utara. Untuk mengangkat tumor Zoleik itu, dokter harus melakukan dua kali operasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut