get app
inews
Aa Read Next : MasyAllah! Bayi Mugil Selamat, Usai Bertahan dari Reruntuhan Bangunan Gaza

Misteri Anak Sima, Hantu Bayi Pemakan Jantung Manusia di Kalsel

Minggu, 28 Agustus 2022 | 07:06 WIB
header img
Ilustrasi (Shutterstock)

KUYANG bukan satu-satunya siluman dari Kalimantan. Ada juga Anak Sima yang digambarkan sebagai sosok hantu bayi yang suka memakan jantung manusia. Legenda urban ini sangat populer di kalangan masyarakat suku Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut cerita, Anak Sima adalah makhluk jadi-jadian yang setengah manusia dan setengah siluman. Sosoknya menyeramkan, tapi bisa tetap berwujud bayi imut jika sedang mengincar mangsa.

Konon, Anak Sima mulanya adalah bayi hasil cinta terlarang. Sang ibu yang malu punya anak di luar nikah akhirnya membuang janinnya itu ke hutan pedalaman Banjar.

Bayi itu dibuang ke hutan dalam keadaan hidup. Ditinggal ibunya berhari-hari di hutan, ternyata bayi itu tidak meninggal dunia. Ia kemudian diambil dan diasuh oleh Siluman Takau, makhluk astral terkuat di Banjar.

Siluman Takau sangat menyayangi Sima bahkan rela mewariskan ilmu dan kekuatannya kepada anak asuhnya itu. Sima menjerat korbannya dengan tangisan lalu membolongkan punggung korban untuk mengambil jantungnya.

Konon, dahulu kala ada seorang perempuan tua jadi korban Anak Sima saat mencari kayu bakar ke dalam hutan. Anak Sima menangis memanggil “Uma” yang artinya ibu. Karena kasihan melihat ada bayi manusia sendirian dalam hutan, si perempuan tadi akhirnya menggendong bayi tersebut dan ingin membawa pulang ke rumah untuk diasuh.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut