get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

4 Daerah Paling Horor di Indonesia, Nomor 2 Dijuluki Kota Seribu Paranormal

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:01 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: @Masjidinfo.id)

JAKARTA, iNews.id - Kepercayaan animisme telah mengakar sejak dahulu di Indonesia. Hal ini membuat masyarakat Indonesia terbiasa dengan hal-hal berbau mistis dan horor. Di Indonesia, ada beberapa kota yang menyimpan legenda yang bersangkutan dengan hal mistis dan itu dipercayai oleh masyarakat lokal. Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah kota-kota yang memiliki sejarah mistis dan dijuluki dengan istilah yang berbau mistis.

1. Banyuwangi - Kota Santet

 

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini menjadi kabupaten dengan wilayah terluas di pulau Jawa, yaitu mencapai 30,13 kilometer persegi. Kota Banyuwangi dikenal dengan hal-hal berbau mistis, bahkan Banyuwangi mendapatkan julukan sebagai Kota Santet.

Julukan ini bermula dari peristiwa tahun 1998, di tahun itu banyak praktik-praktik pembantaian yang dilakukan melalui ilmu hitam. Diketahui, praktik tersebut dilakukan oleh warga sipil yang menggunakan kostum hitam dan membawa senjata, yang disebut juga dengan ninja. Dalam aksinya, mereka mengincar para tokoh masyarakat termasuk guru ngaji.

Selain pembantaian, pada tahun tersebut banyak gelandangan dan juga orang gila yang tersebar luas di Kota Banyuwangi. Namun, mereka berbeda dengan orang gila pada umumnya. Keanehan ini memunculkan banyak spekulasi di tengah masyarakat. Salah satunya adalah mereka berpikir bahwa peristiwa pembantaian dan juga tersebarnya orang gila berkaitan dengan praktik ilmu hitam yang merupakan tindakan dari dukun santet.

2. Pati - Kota Seribu Paranormal

Masih berada di Pulau Jawa, Kota Pati memiliki julukan sebagai Kota Pensiun, Kota Kacang, dan Kota Gandul. Namun, selain itu, Kota Pati juga dikenal dengan julukan Kota Seribu Paranormal. Julukan tersebut berkaitan dengan kisah sejarah di kota ini. Sejak zaman Mataram Hindu, masyarakat Pati dikenal sebagai masyarakat yang memiliki ilmu kesaktian.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut