Logo Network
Network

Pakar IT ini Bongkar Siapa Sosok Hacker Bjorka

Avirista Midaada
.
Rabu, 14 September 2022 | 19:22 WIB
Pakar IT ini Bongkar Siapa Sosok Hacker Bjorka
Pakar IT ungkap siapa Hacker 'Bjorka' . (Foto: MNC Media)

MALANG, iNews.id - Hacker Bjorka yang kini viral dan jadi trending topik karena mengklaim membocorkan sejumlah data, kini diungkap oleh pakar siber dan IT Universitas Brawijaya (UB) Herman Tolle. Dimana ia meyakini Bjorka memiliki koneksi dengan hacker Indonesia.

Herman menjelaskan, kebocoran data pribadi sejumlah pejabat kecil kemungkinan terjadi apabila Bjorka melakukan peretasan bermotif iseng-iseng.

"Analisa saya bisa jadi yang awal-awal memang dari luar, aslinya bisa jadi dari luar. Tapi yang jelas dia punya koneksi ke orang Indonesia, sehingga tahu atau kepingin membobol yang mana. Kalau orang luar iseng-iseng kayaknya nggak mungkin juga," ucap Herman Tolle saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (14/9/2022).

Pasalnya, kata Herman, para hacker ini memiliki forum komunikasi sendiri. Sehingga mereka bisa saling bertukar informasi mengenai website atau sistem yang akan diretas. 

"Ya sebenarnya kayak gitu (ada forumnya) hacker itu kan juga ada komunitasnya, komunitas di web. Ada dark web nyebutnya, yang gelap. Isinya orang-orang hacker berbagi informasi termasuk mereka jualan-jualan data. Mungkin ini pendapat pribadi, ada informasi saling sharing, mencoba membobol aplikasi-aplikasi yang ada, dan ternyata ada yang masih jebol," ujarnya.

"Kalau analisa saya yang belakangan ini banyak data bobol, termasuk yang di UB sendiri itu feelingnya justru orang dalam (orang Indonesia), sebenarnya bukan luar tapi orang Indonesia sendiri, coba-coba mbobol, kalau orang luar tidak ada urgensinya," tambah dosen di Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya ini.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.