get app
inews
Aa Read Next : Menerima Uang Sogokan Pemilu Hukumnya Haram, Muslim Harus Tahu

Sindir SBY, Hasto Sebut Bisa Bongkar Skema Kecurangan Pemilu 2009

Minggu, 18 September 2022 | 11:39 WIB
header img
Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bisa bongkar kecurangan Demokrat. (IST)

JAKARTA, iNews.id- Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku akan menunjukan skema kecurangan pada pemilu 2009 lalu. Hal ini menanggapi pernyataan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengatakan partainya tak pernah melakukan kecurangan Pemilu.

“Apa yang disampaikan oleh Pak SBY bahwa selama 10 tahun Demokrat memimpin tidak pernah melakukan kecurangan Pemilu, mudah sekali dipatahkan," ujar Hasto Kristiyanto, Sabtu (17/9/2022).

Menurut Hasto biar para pakar Pemilu yang kredibel yang menilai demokratis tidaknya 10 tahun ketika Partai Demokrat memimpin 2004-2014.

"Bukan hanya itu, saksi kunci berbagai kasus korupsi besar pun banyak meninggal tidak wajar di zaman Pemerintahan Pak SBY. Itu yang bisa diteliti," lanjut Hasto Kristiyanto.

Hasto mengaku bisa menunjukkan berbagai skema kecurangan pada saat Pemilu 2009 kalau memang mau di dalami lebih jauh lagi.

Hasto mengungkapkan di era SBY yang mendorong liberalisasi politik melalui sistem Pemilu Daftar Terbuka. 

“Puncak liberalisasi politik dan liberalisasi di sektor pertanian, terjadi jaman Pak SBY. Dengan berbagai manipulasi tersebut, Partai Demokrat mengalami kenaikan 300%. Paska Pak SBY tidak berkuasa, terbukti hal-hal yang sifatnya ‘bubble’ kemudian mengempes atau pecah sendiri, karena cara menggelembungkannya bersifat instant," kata Hasto Kristiyanto.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun gunung untuk membeberkan dugaan adanya upaya skenario untuk menghancurkan pihak oposisi di Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan SBY saat rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (15/9/2022) lalu.

SBY awalnya membeberkan adanya tanda-tanda Pemilu 2024 akan berlangsung secara tidak jujur dan tidak adil.

"Para kader mengapa saya harus turun gunung menghadapi Pemilihan Umum 2024, saya mendengar mengetahui bahwa ada tanda-tanda pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil," kata SBY dalam video yang diunggah akun Tiktok @pdemokrat.sumut berdurasi 1 menit 48 detik.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut