get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pemotongan Insentif Pegawai BPPD, KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Tersangka 

KPK Sebut Gubernur Lukas Enembe Tersangkut Lebih dari Satu Kasus Korupsi

Selasa, 20 September 2022 | 21:58 WIB
header img
Gubernur Papua Lukas Enembe diburu KPK sebagai tersangka korupsi. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Papuan Lukas Enembe memang lagi jadi sorota dan menjadi incaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena banyak tersangkut kasus korupsi. Bahkan, KPK mengungkap ada lebih dari satu kasus dugaan korupsi. 

"Ada beberapa perkara yang sedang ditangani menyangkut, bukan hanya satu. Ada beberapa yang sedang kita tangani," ujar Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Dibeberkan Karyoto, beberapa kasus dugaan korupsi Lukas Enembe yang sedang diusut lembaga antirasuah sudah masuk dalam tahap penyidikan. Namun, ada juga yang masih di proses penyelidikan.

Lebih lanjut, Karyoto menjelaskan bahwa bagian Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK juga menerima banyak laporan yang berkaitan dengan Lukas Enembe. Laporan itu, nantinya akan dikaitkan dengan hasil temuan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Apalagi nanti dikaitkan dengan beberapa laporan masyarakat dari dumas yang menyangkut tentang di Papua dan juga dikaitkan dengan hasil PPATK yang ada," kata Karyoto.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengisyaratkan bahwa tak sedikit kasus yang menjerat Lukas Enembe. Di antaranya, terkait dana operasional pimpinan, dana pengelolaan Pekan Olahraga Nasional (PON), hingga dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Ada kasus-kasus lain yang sedang didalami tetapi terkait dengan kasus ini misalnya ratusan miliar dana operasional pimpinan dana pengelolaan PON, kemudian juga adanya manajer pencucian uang, manajer pencucian uang yang dilakukan atau dimiliki oleh Lukas Enembe," kata Mahfud di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022).


 

 

tayang di https://www.inews.id/news/nasional/lukas-enembe-diduga-tersangkut-banyak-dugaan-kasus-korupsi-di-papua

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut