get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Tewaskan Santri, Terlindas Truk Saat Berkendara Bareng Adiknya

Intip Jenis dan Harga Motor Para Pengawal Presiden Jokowi

Jum'at, 30 September 2022 | 06:05 WIB
header img
Kendaraan pengawal Presiden (istimewa )

JAKARTA, iNews.id - Sebagain orang mungkin bertanya-tanya apa jenis kendaraan yang dipakai para pengawal Presiden Joko Widodo ketika melakukan kunjungan. Sebagai pemimpin negara, presiden wajib mendapatkan penjagaan dan pengamanan super ketat agar bisa terlindung dari segala ancaman.

Pasukan pengawal yang menggunakan motor ini tidak bisa disepelekan. Selain harus memiliki keahlian mumpuni dalam penjagaan fisik jarak dekat, motor yang digunakan pengawal juga bukan kaleng-kaleng, mengusung spesifikasi tinggi.

BACA JUGA:
Deretan Harley-Davidson Murah Rp100 Jutaan, Kaget Ada yang Seharga Rp90 Jutaan

Berdasarkan pantauan, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkumpul dengan para menteri di JCC Senayan, Kamis (29/9/2022), setidaknya ada tiga jenis motor yang digunakan untuk melakukan pengawalan presiden, yaitu Honda Gold Wing, BMW K1600 GTL, dan Yamaha FZ1.

Seperti apa deretan motor pengawal presidentersebut? b/Berikut spesifikasi dan harganya:

BMW K1600 GTL

BMW K 1600 GTL dilengkapi mesin tipe 4 stroke, 6 silinder berkapasitas 1.649 cc. Motor eksekusif ini menghasilkan power sebesar 160 hp pada 7.750 rpm dan torsi maksimum 175 Nm pada 5.250 rpm.

Dengan tenaga yang dihasilkan tersebut, BMW K1600 GTL bisa melaju hingga 200 km/jam. Pengendara tak perlu khawatir saat melaju kencang karena motor sudah dilengkapi dengan BMW Motorrad Integral ABS untuk memaksimalkan pengereman.

Fitur lainnya termasuk port pengisian USB, kontrol penahan bukit, kontrol traksi, kontrol jelajah, dan kontrol tekanan ban. Ada juga empat tombol untuk mengatur item menu pilihan untuk pemilihan cepat, misalnya, radio atau navigasi.

Tak kalah mahalnya dengan Honda Gold Wing, BMW K1600 GTL dibanderol Rp1,15 miliar.

Yamaha FZ1

Yamaha FZ1 sendiri merupakan moge yang sempat viral setelah muncul dalam video pembukaan SEA Games 2018. Di mana dalam adegan video Presiden Joko Widodo menerjang kemacetan lalu jumping.

Sepeda motor yang memiliki mesin inline empat silinder DOHC 998 cc ini mampu meletupkan tenaga hingga 150 hp serta semburan torsi hingga 90,4 Nm. Di atas kertas Yamaha FZ1 mampu meraih kecepatan maksimal hingga 248 km/jam.

Meski demikian, konsumsi bahan bakar Yamaha FZ1 terbilang cukup irit, di mana konsumsinya 6,72 liter untuk jarak tempuh 100 km. Harganya pun terbilang murah dibanding dua motor lainnya, di mana Yamaha FZ1 dibandrol dengan harga Rp 135 jutaan.

Honda Gold Wing

Honda Gold Wing merupakan model flagship Honda di segmen touring. Motor gede satu ini memboyong mesin 1.832 cc 6-silinder dengan tenaga yang mampu dihasilkan adalah 124 hp pada 5.500 rpm dan torsi 170 Nm di 4.500 rpm. Kecepatan maksimal motor ini 220 km per jam.

Selain sektor dapur pacu yang gahar, Honda Gold Wing memiliki fitur, seperti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control.

Berapa harganya? Honda Gold Wing mencapai angka Rp1,1 miliar. 
 

 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://www.inews.id/otomotif/motor/intip-deretan-motor-keren-pengawal-presiden-jokowi-wow-segini-harganya/2

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut