get app
inews
Aa Read Next : PLN UP3 Ponorogo Sosialisasikan Manfaat dan Bahaya Listrik ke Siswa SD

Kisah Sukses Juragan Es Krim, Meski dulu Tak Lulus SD

Minggu, 09 Oktober 2022 | 09:42 WIB
header img
Sanawi juragan es krim yang tak lulus SD (ist)

Jakarta tampaknya belum menjadi kota harapan bagi Sanawi. Alih-alih pulang ke kampung, Sanawi bersama temannya pindah ke Samarinda, Kalimantan pada 2006.

Menyambung hidup di Kalimantan selama setahun tidak serta merta membuat hidupnya berubah. Dengan modal jaringan pertemanan, Sanawi mencoba menghubungi temannya hingga ditawarkan berjualan es krim.

Dengan modal Rp60.000 hasil pinjaman kawan, Sanawi mengayuh pedal sepeda untuk menjajalan es krim di sejumlah wilayah kota. Cucuran keringat kerja keras ternyata membuahkan hasil, dalam sehari ia berhasil mendapatkan uang Rp150.000. 

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit merupakan peribahasa yang sekiranya cocok bagi prinsip Sanawi mengelola hasil keuntungan bersihnya. Dirinya mengaku pantang makan sebelum es krimnya laku.

Produk jualan Sanawi kian berkembang setelah dirinya menyisihkan keuntungan penjualan dengan prinsip hidup super hemat. Dirinya kemudian membeli mobil dan motor untuk operasional usahanya. 

Seiring kerja kerasnya dalam berjualan es krim, jaringan bisnis Sanawi pun ikut berkembang. Sanawi mulai membangun komunikasi dengan beberapa pengusaha es krim sukses. 

Kerja keras Sanawi membuahkan hasil. Melalui usaha distributornya, kini Sanawi memiliki 400 pengecer yang didapatkan hingga 2010. Jumlah tersebut terus meningkat hingga setiap waktunya.

Hingga tahun 2021, Sanawi memiliki 700 mitra dengan 27 sub distributor yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi, dan Jakarta. Melalui es krim branding Vanesa itu, dia kini memiliki pabrik es krim di kawasan Kudus, Jawa Tengah.
 

 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-sanawi-tak-lulus-sd-hingga-sukses-jadi-pengusaha-es-krim/2

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut