Logo Network
Network

Kisah Perang Paregreg hingga Pecahnya Kerajaan Majapahit Menjadi Dua

Avirista Midaada
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 06:51 WIB
Kisah Perang Paregreg hingga Pecahnya Kerajaan Majapahit Menjadi Dua
Perang Paregreg terpecahnya kerajaan Majapahit menjadi dua (ist)

JAKARTA, iNews.id - Kerajaan Majapahit memang menyimpan berbagai cerita dan peristiwa. Salah satunya perang saudara di Kerajaan Majapahit terjadi sepeninggal Raja Hayam Wuruk. Perseteruan itu membuat Majapahit terpecah dua.

Dikisahkan dalam Kitab Pararaton, pangkal perseteruan adalah Bhre Wirabumi, anak laki-laki Hayam Wuruk yang berasal dari selir. Dia tidak bisa mewarisi takhta kerajaan karena bukan lahir dari istri resmi raja.

Pada akhirnya Kusumawardhani yang mewarisi takhta Kerajaan Majapahit. Namun terjadi pergolakan internal yang memaksa kerajaan terpecah menjadi dua. Kusumawardhani memerintah Majapahit Barat, dan Bhre Wirabumi memerintah Majapahit Timur.

Dalam buku 'Babad Tanah Jawi' yang ditulis Soedjipto Abimanyu dikisahkan peperangan akhirnya terjadi setelah pembagian kekuasaan itu. 

Perang yang disebut Perang Paregreg itu membuat kedigdayaan Majapahit tercerai berai. Konon, perang saudara itu berlangsung selama dua tahun sejak 1404 hingga 1406.

Perang saudara itu membuat putra Wikramawardhana yakni Bhre Tumapel dan Hyang Parameswara bimbang untuk berpihak kepada siapa. Sebab, kedua pihak yang berseteru memiliki trah keturunan dari raja.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini