get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tips dan Langkah Jika WhatsApp Terblokir Akibat Spam

Melihat Mesin ATM Tertinggi di Dunia, ini Tempatnya

Minggu, 16 Oktober 2022 | 21:26 WIB
header img
Mesin ATM tertinggi di dunia (ist)

ISLAMABAD, iNews.id - Adanya mesin ATM di Mall atau di pasar dan pinggir jalan sudah jadi hal biasa. Akan menjadi luar biasa serta unik ketika mesin anjungan tunai tersebut berada di atas gunung tepatnya perbatasan Pakistan dan China. Bahkan ini menjadi mesin ATM dengan lokasi tertinggi di dunia dan tercatat dalam Guinness World Records. 

Mesin ATM itu dipasang oleh National Bank of Pakistan (NBP) pada tahun 2016. Mesin ini terletak di perbatasan Pakistan-China tepatnya di Khunjerab Pass Provinsi Gilgit-Baltistan utara Pakistan. 

Dilansir dari Odditycentral, Minggu (16/10/2022), pemasangan mesin ATM ini dinilai cukup rumit. Butuh waktu sekitar empat bulan bagi Bank Nasional Pakistan untuk menyelesaikannya.

Selain itu, pihak bank juga tetap menyediakan perawatan dan mengisi ulang mesin dengan uang tunai secara teratur. Aktifitas ini dinilai cukup melelahkan lantaran jarak bank terdekat dengan ATM ini sekitar 82 kilometer.

Manajer cabang Sost NBP yang terdekat dengan ATM tertinggi di dunia, Zahid Hussain mengatakan, karyawan secara teratur mendatangi mesin ATM secara berkala. Mereka harus menghadapi angin kencang, badai, tanah longsor yang sering terjadi. Mereka juga harus melewati gunung yang berbahaya untuk memastikann mesin berfungsi dengan baik.

Mesin ini sebagian besar melayani penjaga perbatasan yang mengambil gaji bulanan mereka. Naun ada juga segelintir penduduk setempat, dan beberapa orang yang melintasi perbatasan juga memanfaatkan mesin ATM ini. 

Konon, sekitar 4-5 juta rupee (18.350–23.000 dolar AS) ditarik dari mesin setiap beberapa minggu.

Seorang juru bicara National Bank of Pakistan mengatakan kepada BBC, biasanya dibutuhkan waktu antara 2-2,5 jam bagi seseorang untuk mencapai ATM tertinggi di dunia ketika membutuhkan perbaikan darurat.

Meskipun volume transaksinya rendah, bank menganggap serius keberadaan mesin ini. Itu karena banyak orang mengandalkan mesin tersebut.

“Mereka mungkin tidak signifikan jumlahnya, tetapi mereka sering tinggal di wilayah besar itu sendiri dan tidak memiliki media lain untuk mentransfer gaji mereka kepada orang yang dicintai dan keluarga,” kata Zahid Hussain.
 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: https://www.inews.id/news/internasional/unik-ini-mesin-atm-di-lokasi-tertinggi-di-dunia/2

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut