Logo Network
Network

Seram, Deretan Kota di Dunia yang Cuma Dihuni Satu Penduduk

Wilda Fajriah
.
Rabu, 26 Oktober 2022 | 07:22 WIB
Seram, Deretan Kota di Dunia yang Cuma Dihuni Satu Penduduk
Villa Epecuen, Argentina menjadi kita yang sangat sepi (ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Ada Kota di dunia ternyata ada yang hanya cuma dihuni satu orang penduduk. Hal ini sangat berbeda jauh dengan kota-kota lain yang sangat padat penduduknya, sejumlah kota di negara ini terkenal sangat sepi.

Tentu ini sangat berbeda dengan kota-kota lainnya di dunia yang mempunyai banyak penduduk. Misalnya saja, kota Jakarta, yang menjadi salah satu kota terpadat di Indonesia.

Nah, lantas apa saja sih kota di dunia yang hanya dihuni satu orang penduduk? Berikut daftarnya seperti dirangkum dari situs Oddee.

1. Villa Epecuen, Argentina

Villa Epecuen di Argentina ini merupakan sebuah desa wisata di sepanjang pantai Lago Epecuen, sebuah danau garam sekitar 600 kilometer barat daya Buenos Aires, Argentina. Pada tahun 1970-an, populasi kota mencapai puncaknya dengan lebih dari 5.000 orang. Pada masanya, ada 300 bisnis berkembang di sana, termasuk hotel, hostel, spa, toko, dan museum. 

Namun, pada 1985, sejumlah besar air menerobos bendungan dan menggenangi sebagian besar kota. Kemudian di tahun 1993, banjir kembali menggenangi kota hingga setinggi 10 meter. Setelah itu, 25 tahun kemudian, pada 2009, air mulai surut dan Villa Epecuen mulai muncul kembali ke permukaan. Para penduduk tidak ada yang kembali ke sana kecuali Pablo Novak yang menjadi satu-satunya penduduk di kota itu.

 
2. Tomioka, Jepang

Di urutan berikutnya ada Tomioka di Jepang. Akibat gempa dan tsunami di 2011, pembangkit listrik tenaga nuklir yang ada di sekirar kota itu hancur dan menyebabkan kontaminasi nuklir tingkat tinggi, sehingga memaksa evakuasi ratusan ribu penduduk.

Naoto Matsumura adalah satu-satunya penghuni kota. Dia hidup tanpa air atau listrik yang mengalir. Dia diketahui sempat melarikan diri bersama ribuan orang lainnya, tetapi dia kembali untuk merawat tanah, hewan terlantar, dan pemakaman lokal.

3. Cass, New Zealand

Lalu ada Cass, di New Zealand. Cass merupakan sebuah wilayah di Distrik Selwyn Canterbury di Pulau Selatan New Zealand. Ini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia dengan jumlah populasi satu orang. Dia adalah Barrie Drummond yang ditawari pekerjaan di Cass dan tidak mengira bahwa dia akan bertahan di tempat itu meski dia hanya satu-satunya penduduk di kota.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.