get app
inews
Aa Read Next : Tegang! Puluhan Atlet Paralayang Taklukan Bukit Biting Ponorogo di Liga 3 Jatim

Miris, Atlet Gulat Perempuan Mengaku Dilecehkan Pelatihnya

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 06:48 WIB
header img
Peristiwa kekerasan seksual menimpa seorang atlet gulat perempuan peraih medali emas di Porda DIY. Aksi keji ini diduga dilakukan pelatihnya sendiri. (Foto Ilustrasi : Ist)

BANTUL, iNewsPonorogo.id - Tindak Kekerasan seksual kembali terjadi, bahkan kini terjadi di lingkungan olahragawan. Kekerasan seksual tersebut menimpa atlet gulat perempuan peraih emas dari Bantul. 

Mirisnya, aksi kekerasan seksual itu diduga dilakukan oleh pelatihnya sendiri. Kekerasan seksual ini terjadi sang atlet mempersiapkan diri untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DI Yogyakarta 2022 kemarin. Aksi kekerasan seksual ini didapat atlet ketika tengah mengikuti sesi latihan

Salah seorang saksi, A mengungkapkan ada sejumlah saksi yang mengetahui perkara ini, dan teman-teman atlit siap bersaksi untuk membantu korban. Aksi kekerasan seksual ini terjadi ketika persiapan Porda 2022. "Itu pas latihan persiapan Porda," ujar dia.

Kondisi tersebut memang menjadi dilema bagi korban dan tentu saja trauma. Saat itu korban harus benar-benar melawan traumanya di tengah persiapan Porda DIY. Atlet tersebut harus tetap berlatih demi mewakili daerahnya 

Bahkan kala itu korban harus pergi ke Bandung Jawa Barat untuk melakukan latihan terpisah dari pelatih yang melecehkannya. Hal ini juga untuk meredam rasa traumanya tersebut.

Sebetulnya, A dan rekan-rekan korban sempat melaporan peristiwa tersebut kepada federasi terkait atau pengurus cabang (Pengcab) yang menaungi cabang olahraga (cabor) korban dan pelaku.

"Laporan itu  oleh sang ketua Pengcab tidak direspon. Alasannya untuk bisa fokus dulu menyongsong perhelatan Porda XVI DIY. Kami diminta tutup mulut dulu, tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut. Untuk itu kita langsung mengadu ke sini sesuai jalurnya," ujar A.

Ternyata aksi kekerasan seksual ini berimbas pada sang atlet. Di mana korban kehilangan kesempatan untuk membela DIY di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dalam waktu dekat ini.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut