get app
inews
Aa Read Next : Terungkap Alasan Anya Geraldine Belum Juga Menikah

Cerita Rakyat Kalimantan Tengah, Pernikahan Manusia dengan Jelmaan Landak

Jum'at, 11 November 2022 | 16:59 WIB
header img
Kalimantan Tengah punya cerita rakyat pernikahan manusia dengan jelmaan landak (ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Indonesia memang punya banyak suku bangsa dengan beragam cerita rakyatnya. Diantara salah satunya dari Kalimantan Tengah yakni cerita Hantuen.

Dikutip dari situs warisanbudaya.kemdikbud, cerita rakyat hantuen ini berasal dari Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng. 

Hantuen menurut masyarakat Kalteng adalah hantu jadi-jadian. Cerita ini menceritakan tentang pernikahan yang terjadi antara seorang gadis cantik jelita bernama Tapih dengan Antang Taung seorang pemuda yang sebenarnya merupakan jelmaan dari binatang landak

Masyarakat Kalteng mempercayai, orang yang mempunyai darah hantuen akan memiliki kemampuan gaib dapat mengubah diri menjadi hantu jadi-jadian yang disebut hantuen. 

Pada siang hari, hantuen menjadi manusia seperti biasa. Namun, pada malam hari mereka akan mengubah dirinya menjadi hantu tanpa tubuh yang kegemaranya menghisap darah anak yang baru lahir serta darah ibu anak itu. 

Namun, apa yang dilakukan itu luar keinginan mereka. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, orang hantuen yang asli sudah tidak ada. Yang ada hanyalah keturunannya yang sudah kimpoi dengan manusia biasa.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut