Logo Network
Network

Cerita Rakyat Kalimantan Tengah, Pernikahan Manusia dengan Jelmaan Landak

Candra Setia
.
Jum'at, 11 November 2022 | 16:59 WIB
Cerita Rakyat Kalimantan Tengah, Pernikahan Manusia dengan Jelmaan Landak
Kalimantan Tengah punya cerita rakyat pernikahan manusia dengan jelmaan landak (ist)

Bahkan, menurut penduduk di aliran Sungai Kahayan legenda itu dianggap pernah terjadi. Untuk memperkuat kebenaran legenda itu, mereka dapat menunjukan jalan yang dibuat oleh pemuda jelmaan dari binatang angkes itu.

Pembuatan jalan itu dimulai dari Baras Semanyang. Pekerjaan mereka mula-mula mengalami gangguan makhluk gaib. Setiap kali para pekerja pulang, gubuk tempat istirahat mereka selalu dimasuki orang asing dan bekal makanan mereka telah habis dicuri.

Hingga suatu hari, mereka menemukan akal. Mereka sepakat untuk berbuat seolah-olah meninggalkan gubuk saat bekerja, tetapi sebenarnya mereka bersembunyi di balik semak yang tak jauh dari tempat itu. Dari tempat persembunyian, tiba-tiba mereka melihat seekor Binatang Angkes (sejenis landak) menaiki tangga gubuk.

Setiap masuk ke dalam gubuk, binatang itu menggoyang-goyangkan tubuhnya, dan secara ajaib berubah menjadi seorang pemuda yang tampan.

Melihat hal itu, para pekerja langsung meringkusnya. Pemuda jadi-jadian itu ditangkapnya. Saat ditangkap, ia minta ampun agar dilepaskan dan berjanji akan membantu para pekerja membuat jalan. Akhirnya, permintaan itu diluluskan oleh mereka.

Pemuda jelmaan binatang angkes itu dapat menyelesaikan pembuatan jalan yang cukup panjang tersebut hanya dalam waktu tiga hari saja.

Jalan itu pun bernama Langkuas, yang terletak di antara Baras Semanyang dan Sepang Simin.
 

 

 

 

artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Legenda Hantuen, Cerita Rakyat Kalteng Tentang Manusia yang Menikah dengan Jelmaan Landak

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini