Logo Network
Network

Diperebutkan, Sebenarnya Negara Mana Kebaya Berasal?

Muhammad Sukardi
.
Minggu, 27 November 2022 | 07:11 WIB
Diperebutkan, Sebenarnya Negara Mana Kebaya Berasal?
Singapura dan negara-negara lain daftarkan kebaya ke UNESCO (ist)

Lebih lanjut, Anda perlu tahu bahwa kata kebaya itu sendiri sejatinya berasal dari bahasa Arab dari kata 'Kaba' yang artinya 'Pakaian'. Pakaian ini menurut laman Expat pertama kali dipakai di Indonesia sekitar abad ke-15 hingga ke-16.

Pakaian ini mirip dengan apa yang dikenakan wanita Portugis di abad ke-16 yang tiba di pesisir barat daya Malaysia, tepatnya di seberang Selat Malaka dari Sumatera di barat laut Indonesia.

Di laman yang sama dijelaskan bahwa kebaya memainkan peran yang cukup penting dalam cara berpakaian wanita Eropa di Indonesia. Kebaya dianggap pakaian resmi wanita Eropa di era itu.

Kebaya

"Selama ini kebaya kebanyakan dibuat dari kain mori, tapi kemudian modifikasi dilakukan dengan memperkenalkan kebaya yang terbuat dari bahan sutra dan sulaman untuk menambah desain dan warna," terang keterangan laman Expat.

Bentuk kebaya yang paling dominan dikenakan di pulau Jawa dan Bali saat ini dapat ditelusuri ke kebaya yang dikenakan di Jawa dan Sunda dari akhir abad ke-19 dan awal abad 20, dan seterusnya. Dijelaskan juga bahwa banyak dari ciri-ciri kebaya masa kini yang mudah dikenali, misalnya blus ketat yang menonjolkan torso wanita; leher lipat tanpa kerah dan bukaan depan; lengan panjang; dan jenis kain semi transparan.

Gaya kebaya tersebut juga dapat terlihat pada kebaya abad lalu. Artinya, perubahan drastis dari kebaya tidak terjadi dan ini menunjukkan pelestarian kebaya klasik terjadi hingga saat ini.

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini