get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23, Indonesia Libas Yordania 2-0 di Babak Pertama

Diperebutkan, Sebenarnya Negara Mana Kebaya Berasal?

Minggu, 27 November 2022 | 07:11 WIB
header img
Singapura dan negara-negara lain daftarkan kebaya ke UNESCO (ist)

"Kebaya tradisional menutupi tubuh wanita dengan ketat menggunakan kain panjang yang disebut stagen. Wanita dengan status sosial yang lebih tinggi akan membantu membungkus tubuh mereka dengan stagen," tambah laporan laman tersebut.

Kebaya dikatakan sebagai busana Nasional bukan tanpa alasan. Catatan sejarah menerangkan bahwa pada tahun 1920-an, dan dengan munculnya perjuangan nasionalis di Indonesia, wanita Eropa berhenti mengenakan kebaya karena diidentikkan dengan pakaian khas Indonesia. "Bagi penjajah Eropa, Kebaya telah diasosiasikan dengan nasionalisme Indonesia," kata laporan tersebut.

Selama masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945), para tawanan perang wanita Indonesia yang terpelajar lebih memilih mengenakan kain kebaya daripada pakaian barat yang diperuntukkan bagi mereka sebagai pakaian penjara.

Lebih lanjut, serangkaian kondisi politik yang berbeda menghasilkan pembalikan makna. Mskdunya, dalam situasi ini para wanita menggunakan kode budaya (pakaian tradisional) untuk menegaskan posisi politik mereka, membedakan diri mereka dari wanita Eropa yang juga menjadi tawanan perang.

Saat Proklamasi Kemerdekaan oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1945, satu-satunya perempuan yang hadir, Ibu Trimurti, mengenakan kain kebaya. Citra ini membantu mengubah kebaya dari sekadar pakaian tradisional menjadi pakaian nasional bagi wanita Indonesia.
 

 

 

 

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: Diklaim 5 Negara, Sebenarnya Kebaya Asli Mana Sih?

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut