get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Gempa Bumi 5.1 Magnitudo Terjadi di Pacitan, Terasa hingga Ponorogo

Jepang Waspadai Tsunami Dampak Erupsi Gunung Semeru, ini Faktanya

Selasa, 06 Desember 2022 | 08:18 WIB
header img
Erupsi Gunung Semeru yang diwaspadai oleh Jepang (istimewa)

TOKYO, iNewsPonorogo - Dampak dari erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur dikabarkan memicu tsunami di Jepang. Bahkan saat ini Jepang sempat memantau erupsi gunung tersebut.

Pemerintah Jepang sempat mewaspadai potensi terjadinya tsunami. Berikut fakta-fakta mengenai Jepang waspadai tsunami imbas erupsi Gunung Semeru :

1. Potensi Tsunami

Badan Meteorologi Jepang memantau kemungkinan tsunami setelah Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia erupsi pada Minggu, (4/12/2022) lapor lembaga penyiaran publik NHK.

Tsunami dari letusan tersebut, yang terjadi sekira pukul 11:18 waktu Jepang , dapat mencapai Prefektur Okinawa paling cepat sekira pukul 14.30 waktu setempat. Demikian dilaporkan NHK mengutip pernyataan badan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters.

2. Tak Ada Ancaman Tsunami

Namun, Badan Meteorologi Jepang kemudian menegaskan tidak ada ancaman tsunami di Jepang dari Gunung Semeru yang meletus pada Minggu (4/12/2022).

3. Tak Ada Tsunami

Koordinator Kelompok Gunung Api PVMBG Oktory Prambada menegaskan, informasi mengenai dampak erupsi Gunung Semeru dapat menyebabkan tsunami itu tidaklah benar. Ia meminta warga untuk tidak termakan informasi liar selain dari sumber resmi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Tidak ada tsunami ya. Erupsi Semeru ini kejadiannya di darat dan hanya mendampak 13 km ke arah tenggara semeru, tidak sampai laut," kata kepada MNC Portal, Senin (5/12/2022).

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut