get app
inews
Aa Read Next : Bocah 15 Tahun Diduga Cabuli Anak Usia 3 Tahun, Ini Kata Polisi

Ratusan Anak di Ponorogo Nikah Muda, Ini Alasannya

Minggu, 08 Januari 2023 | 19:08 WIB
header img
Ratusan anak di Ponorogo nikah muda dengan beragam alasan (Foto: Ilustrasi/Istockphoto-kfleen)

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Pengadilan Agama Kabupaten Ponorogo menyebut bahwa permohonan dispensasi nikah sepanjang tahun 2022 lalu mencapai ratusan perkara. Dari ratusan perkara itu, berbagai alasan diungkapkan guna mendapatkan dispensasi nikah.

Meskipun jumlahnya banyak namun alasan mereka tidak melulu karena sudah hamil duluan. Ada juga ada alasan lain yang melatarbelakanginya. Salah satunya, ngebet kepingin nikah dan sudah tidak mau bersekolah. 

"Tidak semua alasannya karena hamil duluan. Memang sang anak tidak punya minat untuk sekolah, dan pilih nikah," kata Humas Pengadilan Agama Ponorogo Ruhana Faried.

Lanjutnya, Ruhana menambahkan bahwa paham betul terkait terkait dispensasi nikah, karena cuma ditangani 1 hakim saja, yaitu dirinya.

"Saya paham betul, soalnya yang mengurusi terkait dispensasi kawin ini, saya sendiri," imbuhnya.

Masih menurut Ruhana bahwa untuk remaja yang mengajukan dispensasi nikah karena hamil duluan, tetap saja ada prosentasenya 50 persen, dari jumlah total pengajuan.

“Kurangnya kesadaran masyarakat untuk meminimalisir terhadap anak-anak yang suka atau berhubungan dengan lawan jenis,” pungkasnya.

Data Pengadilan Agama Ponorogo, sepanjang tahun 2022 lalu laporan permintaan dispensasi nikah ada 191 perkara.

Dari jumlah itu, yang sudah diputus oleh Pengadilan Agama Ponorogo sebanyak 176 perkara. Jumlah permintaan dispensasi nikah pada tahun 2022 lalu, cenderung menurun dibandingkan tahun 2021. 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut