get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pemungutan Suara! KPU Ponorogo Petakan 48 TPS Rawan, Mana Saja

Bencana Tanah Longsor Timbun Satu Kampung, Ini Penjelasan BMKG

Senin, 06 Maret 2023 | 19:38 WIB
header img
Tanah longsor menerjang Kabupaten Natuna, BMKG jelaskan penyebabnya. (Foto iNews TV/Alfie AR)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Bencana alam tanah longsor hebat terjadi di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023), hingga menimbun satu kampung.

Tanah longsor ini terjadi setelah hujan ekstrem tanpa henti ditambah intensitas curah hujan yang tinggi serta kondisi tanah yang labil, diduga menjadi penyebab bencana, hingga berakibat puluhan orang meninggal dunia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab cuaca ekstrem berupa hujan tanpa henti yang terjadi di Natuna merupakan dampak tidak langsung dari Bibit Siklon Tropis 98S.

“Cuaca ekstrem yang di Natuna adalah hujan lebat akibat dampak tidak langsung Bibit Cyclon Tropis 98S,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto.

Sebelumnya, Guswanto telah mengatakan bahwa pada bulan Maret, April, dan Mei ini merupakan musim pancaroba. Pada periode ini, potensi bencana hidrometeorologi bisa terjadi.

“Kami sampaikan bahwa saat ini Maret, April, Mei sebetulnya periode pancaroba, karena di periode ini biasanya masih terjadi bencana hidrometeorologi mulai dari hujan lebat, puting beliung, maupun hujan es,” ungkapnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut