get app
inews
Aa Read Next : Warga Desa Lereng Gunung Wilis Ponorogo Dikejutkan Kemunculan Hewan Trenggiling

7 Hewan Ini Bisa Mendeteksi Bencana Alam, Simak Jenis-jenisnya! 

Rabu, 14 Juni 2023 | 14:29 WIB
header img
Kucing. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa hewan yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mendeteksi bencana alam sebelum manusia menyadarinya.

Kepekaan alami hewan-hewan ini telah membuat mereka menjadi subjek penelitian yang menarik, karena mereka dapat memberikan peringatan dini tentang ancaman yang akan datang.

Beberapa hewan dipercaya mampu mendengar suara dan merasakan getaran yang terkait dengan pergeseran lapisan di dalam bumi. Hewan juga dinilai memiliki kemampuan mendeteksi perubahan elektromagnetik alam semesta yang lebih baik daripada manusia.

Karenanya, banyak orang percaya dengan gagasan bahwa perubahan perilaku hewan memiliki hubungan kuat terhadap akan datangnya bencana alam. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetik.

Berikut tujuh hewan yang dapat mendeteksi bencana alam.

1. Kucing

Perilaku abnormal pada kucing bisa mencerminkan akan adanya bencana alam. Bahkan beberapa hari sebelum datangnya gempa, kucing memperlihatkan perilaku yang tidak biasa dan menjadi lebih stres.

Penelitian percaya bahwa indera pendengaran kucing yang baik inilah yang dapat mendeteksi bencana alam. Itulah tujuh hewan yang bisa mendeteksi akan terjadinya bencana alam dan bisa menjadi sinyal bagi manusia untuk mulai mengevakuasi diri.

2. Burung

Burung, terutama burung pemangsa seperti elang dan burung hantu, seringkali dapat mendeteksi perubahan atmosfer yang terkait dengan cuaca ekstrem.

Mereka dapat merasakan perubahan tekanan udara, suhu, dan kelembaban yang terjadi sebelum badai atau gempa bumi terjadi. Perubahan perilaku burung atau perubahan pola terbang mereka dapat menjadi tanda awal adanya bencana alam yang akan datang.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut