get app
inews
Aa Read Next : Berbagi Tips Cara Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah, Diklaim Anti Gagal

Tahukah Kamu Mengapa Nyamuk Suka Terbang di Dekat Telinga

Kamis, 15 Juni 2023 | 07:38 WIB
header img
Kenapa nyamuk suka terbang di dekat telinga (Foto: ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Hewan kecil bernama nyamuk memang cukup dikenal dengan menghisap darah manusia. Dia juga dianggap sebagai penyebar penyakit seperti malaria dan demam berdarah.

Selain itu ketika terbang menimbulkan dengungan nyamuk di sekitar telinga cukup mengganggu. Lantas apa yang menyebabkan nyamuk sering terbang di dekat telinga?

Dikutip dari ScienceABC, bunyi dengungan nyamuk ini dihasilkan dari gerakan kepakan sayap nyamuk. Baik nyamuk jantan dan betina, keduanya tetap terbang dan berdengung saat berpindah tempat.

Kemudian nyamuk betina lebih membutuhkan darah manusia untuk dapat menghasilkan telur. Tercatat, dari 3.000 spesies nyamuk yang telah ditemukan, tidak ada satu pun nyamuk jantan yang menghisap darah manusia.

Alasan mengapa nyamuk senang mengganggu telinga manusia. Diantara penyebabnya adalah karena tubuh yang berkeringat sehingga lebih banyak mengeluarkan panas dan karbon dioksida.

Penjelasan Profesor Entomologi University of Arizona Michael Riehle mengatakan bahwa nyamuk mengincar suhu panas tubuh dan karbon dioksida yang keluar di sekitar kepala manusia.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut