get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Satu Keluarga Tewas Berpelukan Saat Rumahnya Terbakar

Viral, Bule Berciuman di Pura Lempuyang jadi Sorotan

Jum'at, 28 Juli 2023 | 20:27 WIB
header img
Video viral wisatawan berciuman di Pura Lempunyang foto: istimewa

BALI, iNewsPonorogo.id - Sebuah video viral bikin heboh media sosial yang memperlihatkan seorang wisatawan asing dan kekasihnya berciuman di area suci Pura Lempuyang, Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali. Video tersebut sontak mendapat sorotan dan kecaman dari masyarakat, karena dianggap telah menodai kesucian pura.

Dalam video yang tersebar luas di berbagai platform media sosial, terlihat seorang wisatawan asing melamar kekasihnya di tengah-tengah Pura Lempuyang yang sakral. 

Kedua pasangan tersebut tampak bahagia dan spontan berciuman setelah momen lamaran tersebut. Sayangnya, tindakan tersebut dianggap tidak pantas dilakukan di area yang dianggap suci oleh masyarakat setempat.

Menyikapi hal ini, pihak Desa Adat Purwayu segera mengambil tindakan untuk menjaga kesucian dan keberkahan Pura Lempuyang. Bendesa Adat Purwayu, Nyoman Jati, dengan menggelar upacara ngerebu atau upacara pembersihan di seluruh area Pura Lempuyang.

“Desa Adat Purwayu langsung mengambil tindakan pada hari ini,” ujar Bendesa Adat Purwayu, Nyoman Jati, Jumat (28/7/2023).

Upacara pembersihan ini merupakan langkah yang diambil untuk memastikan bahwa energi dari Pura Lempuyang dipulihkan setelah kejadian yang kurang pantas tersebut.

Dikatakan Nyoman, Desa Adat menggelar upacara ngerebu atau upacara pembersihan seluruh areal Pura Lempuyang khususnya di areal kejadian disucikan secara niskala.

“Kita berharap kejadian serupa tak terulang kembali dan wisatawan yang berkunjung dapat mematuhi aturan saat berwisata ke Pura Lempuyang,” pungkasnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut