get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Satu Keluarga Tewas Berpelukan Saat Rumahnya Terbakar

Hutan Lindung di Ponorogo Kembali Terbakar, Ada di 2 Kecamatan

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 11:37 WIB
header img
Kebakaran hutan lindung di Ponorogo kembali terjadi foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kebakaran hutan kembali terjadi, kali ini tepatnya di Gunung Thok Pare yang ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Kambon, Kabupaten Ponorogo, Jumat malam. Api dengan cepat membakar rumput ilalang dan tanaman jati serta beberapa tanaman lain yang sudah berusia puluhan tahun.

Sejumlah warga yang tinggal di lereng gunung hanya bisa melakukan pemantauan dari sekitar hutan, antisipasi agar api tidak terus membesar dan merembet ke pemukiman. Hingga kini tidak tahu pasti penyebab kebakaran, apakah memang sengaja dibakar atau ada penyebab lain.

“Belum tahu penyebabnya. kebakaran sejak semalam karena ada angin, sehingga makin meluas, sampai ke Desa Sidoharjo,” kata Slamet Tukul, Perangkat Desa.

Kebakaran ini sudah terjadi sejak kamis malam dan terus membesar hingga membakar lahan milik KPH Madiun, petak 29 dengan luas lahan yang terbakar mencapai 12 hektar. Api diketahui pertama kali membakar Gunung Beruk di Kecamatan Balong, hingga akhirnya merembet ke hutan yang ada di Kecamatan Jambon.

Pemadaman tidak dilakukan karena lokasinya agak jauh dan sulit, medannya berbahaya dan terjal, terangnya.

Warga berharap, petugas dari perhutani maupun petugas terkait untuk segera memadamkan api. Selain masih banyak habitat, dimusim kemarau seperti ini, warga mengandalkan air dari gunung. 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut