get app
inews
Aa Read Next : Dedi Mulyadi Jadi Omongan Netizen Usai Unggah Potret Mesra Dicium Bupati Neng Anne

Ritual Pelepasan hingga Mengenal Kereta Kencana Ki Jaga Rasa Pembawa Bendera Pusaka

Minggu, 13 Agustus 2023 | 20:32 WIB
header img
Kereta kencana Ki Jaga Rasa pembawa bendera pusaka foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Menjelang peringatan upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) mendatang, sebuah kereta kencana Ki Jaga Rasa diambil dari Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk nantinya digunakan sebagai pembawa Bendera Pusaka.

Sebelum memulai perjalanannya menuju Jakarta, kereta kencana ini menjalani ritual prosesi perlepasan di Bale Pamanah Rasa, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang.

Di dalam prosesi perlepasan yang penuh makna ini, dipimpin langsung oleh Dedi Mulyadi yang memang merupakan pemilik dari kereta kencana Ki Jaga Rasa.

Proses pelepasan ini diberi nama 'Ki Jaga Rasa Miang Ka Istana Negara' atau 'Ki Jaga Rasa Pergi ke Istana Negara'.

Prosesi perlepasan dimulai dengan turunnya Ki Jaga Rasa dari tempat penyimpanannya, yaitu Bale Pamanah Rasa. Di saat yang sama, musik tradisional yang khas mengiringi perjalanan kereta kencana ini, sementara para penari juga ikut dalam prosesi untuk menyambut kehadiran Ki Jaga Rasa.

Setelah rangkaian upacara pelepasan, Dedi Mulyadi menyerahkan kendali kereta kencana Ki Jaga Rasa kepada anggota khusus TNI yang akan mengawalnya dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut