get app
inews
Aa Read Next : Dedi Mulyadi Jadi Omongan Netizen Usai Unggah Potret Mesra Dicium Bupati Neng Anne

Ritual Pelepasan hingga Mengenal Kereta Kencana Ki Jaga Rasa Pembawa Bendera Pusaka

Minggu, 13 Agustus 2023 | 20:32 WIB
header img
Kereta kencana Ki Jaga Rasa pembawa bendera pusaka foto: istimewa

Seperti diketahui bahwa kereta kencana Ki Jaga Rasa ini ada merupakan bagian dari bentuk penghormatan kepada leluhur Sunda, khususnya Prabu Siliwangi.

Menurut Dedi Mulyadi pembuatan kereta kencana Ki Jagaraksa dilakukan sebagai upaya untuk menghidupkan kembali semangat masa lalu Sunda yang kini mulai terkikis. 

Dimana sangat berbeda dengan daerah lain seperti Jawa, Sumatera, dan Bugis, yang masih memelihara nilai sejarah dan warisan budayanya dari masa lalu.

"Saya melihat perlunya membawa kembali semangat masa lalu melalui budaya, salah satunya melalui pembuatan kereta kencana bernama Ki Jagaraksa," terang Dedi Mulyadi.

Lanjutnya, Dedi mengungkapkan bahwa nama Ki Jagaraksa memiliki makna yang mendalam. "Jaga" mengacu pada tindakan merawat, sementara "raksa" menggambarkan rasa atau hati.

Masih menurut Dedi menjelaskan bahwa ini mengandung pesan bahwa kepemimpinan harus tumbuh dari semangat hati sebagai kekuatan utama dalam mengelola.

Dengan demikian, Dedi berharap agar manusia bisa menjaga negara dan alam raya dengan penuh perasaan dan rasa tanggung jawab.

Dalam kesimpulannya, Kereta Kencana Ki Jaga Rasa bukan hanya sebuah simbol, tetapi juga mengandung filosofi mendalam yang membawa semangat dan harapan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai luhur serta cinta terhadap tanah air dan alam.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut