get app
inews
Aa Read Next : Harga Uang Kuno Kertas Rp500 Tahun 1992 Tembus Rp50 Juta

Harga Gabah di Ponorogo Tembus Rp7 Ribu Per Kilogram, Bulog Tak Menyerap

Minggu, 27 Agustus 2023 | 17:07 WIB
header img
Harga gabah di Ponorogo melonjak naik foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Harga gabah saat ini ternyata mengalami kenaikan yang cukup signifikan, hingga berdampak pada melonjaknya harga beras dipasaran.

Bulog Ponorogo, badan usaha logistik yang juga lembaga yang menyerap gabah kering panen (HKG) menyebut jika harga gabah kering saat ini mencapai Rp7000 per kilogram, hingga membuatnya terbebani oleh ketidaksesuaian dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

"Aktualitas harga mencapai Rp7.000 ini adalah yang tertinggi selama masa pelayanan saya di Ponorogo. Kami di Bulog merasa kesulitan karena harga ini tidak sejalan dengan HPP yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ungkap Aan Sugiarto, Kepala Bulog Ponorogo.

Aan menjelaskan bahwa hal ini terjadi sejak masa panen (MP) 2, yang terjadi pada bulan Agustus.

"Panen terakhir di Ponorogo telah berlangsung pada bulan Agustus. Secara otomatis, pasokan gabah kering panen turun drastis dibandingkan dengan pasokan biasanya," tambahnya.

Lanjutnya, Aan menambahkan bahwa saat ini Bulog menghadapi kendala dalam hal pembelian gabah. Bulog sebenarnya memiliki aturan pembelian untuk cadangan pemerintah, di mana mereka diwajibkan membeli gabah kering panen dengan harga tertentu.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut