get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Sunset di Pantai Watu Karung Pacitan, Cocok Buat Libur Akhir Pekan

Cocok untuk Liburan, Ini Deretan Pulau Terkecil di Dunia, Ada yang di Indonesia

Minggu, 03 September 2023 | 13:36 WIB
header img
Deretan pulau terkecil di dunia salah satunya di Amerika Serikat foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Di dunia ini memang banyak sekali tempat yang misteri, namun mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Salah satu yang bisa dijadikan referensi destinasi wisata, adalah deretan pulau terkecil ini.

Ada banyak pulau bahkan jumlahnya mencapai kurang lebih ratusan ribu pulau yang tersebar di seluruh dunia. Swedia memegang rekor dengan jumlah pulau terbanyak, mencapai 267.570 pulau. Sementara itu, Indonesia tak kalah mengesankan dengan peringkat keenam di dunia, memiliki sebanyak 17.504 pulau.

Tentu, luas pulau-pulau ini sangat bervariasi. Greenland menjadi yang terbesar dengan luas mencapai 2.130.800 kilometer persegi, diikuti oleh Papua dengan 785.753 kilometer persegi, dan Kalimantan dengan 748.168 kilometer persegi. Lalu, apakah kita tahu apa pulau terkecil di dunia.

Menurut Reader’s Digest, berikut adalah deretan 6 pulau paling kecil di dunia yang bisa menjadi destinasi wisata menarik:

Pulau Corvo, Portugal

Pulau Corvo terletak di Portugal, di ujung utara Kepulauan Azores dan Macaronesia. Pulau ini memiliki populasi sekitar 468 jiwa dan terletak di lempeng Amerika Utara.

Pulau ini terbentuk dari gunung berapi dengan diameter 5 km, muncul sekitar 730.000 tahun yang lalu, dan menawarkan pemandangan padang rumput Zimbral yang luas.

Di sini, wisatawan dapat menikmati aktivitas seperti berenang, memancing, mendaki kawah, dan mencari ketenangan.

Pulau Sea Lion, Kepulauan Falkland

Pulau ini terletak di Samudra Atlantik Selatan, sekitar 185 mil laut dari ujung tenggara Argentina, Kepulauan Falkland.

Pulau ini memiliki luas sekitar 3,5 mil persegi dan merupakan rumah bagi beragam spesies satwa liar, termasuk penguin, singa laut, anjing laut gajah, dan paus. Pada tahun 2017, pulau ini dijadikan Cagar Alam Nasional.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut