get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Pemula Wajib Tahu, Kenali 5 Istilah Saat Naik Gunung

Daftar 5 Gunung Cocok untuk Pendaki Pemula, Keindahan Alam Memukau

Jum'at, 22 September 2023 | 21:13 WIB
header img
Salh satu Gunung yang cocok untuk pendaki pemula foto: istimewa
  • Gunung Nglanggeran, 700 MdPL

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan budaya dan sejarahnya, tetapi juga dengan pemandangan indah dari ketinggian. 

Salah satunya adalah Gunung Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. 

Medannya yang landai menjadikannya sempurna untuk pendaki pemula. Perjalanan menuju puncak hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam, dan di sepanjang perjalanan, akan disuguhi pemandangan yang memukau, terutama saat cuaca cerah.

  • Gunung Penanggungan, 1.653 MdPL

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman mendaki gunung dan menikmati sunrise bersama sahabat atau keluarga, Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, adalah pilihan yang pas. 

Meskipun memiliki jalur pendakian yang relatif mudah, Anda tetap harus berhati-hati karena gunung ini memiliki kemiringan hingga mencapai 65 derajat dengan ketinggian 1.653 mdpl.

  • Gunung Batur, 1717 MdPL

Jika Anda bosan dengan pantai saat berlibur di Bali, maka Gunung Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, adalah alternatif yang menarik. Dengan ketinggian 1.717 mdpl, gunung ini ramah bagi pendaki pemula. 

Puncaknya menawarkan pemandangan indah Danau Batur yang memesona, dan mendaki gunung ini juga memungkinkan Anda untuk menikmati salah satu sunrise terbaik di Bali.

  • Gunung Andong, 1.762 MdPL

Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan merupakan pilihan yang sempurna bagi pendaki pemula yang ingin mendaki dengan energi yang cukup hemat. 

Dengan ketinggian 1.762 mdpl, perjalanan menuju puncak hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Gunung ini menawarkan pemandangan indah dari puncaknya, dengan tepian jurang yang dikelilingi oleh rerumputan hijau.

Pendakian gunung adalah pengalaman yang memuaskan, tetapi selalu utamakan keselamatan dan patuhi aturan yang berlaku. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan alam dengan tidak meninggalkan sampah di lokasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut