get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Hari Ini, 2 Mobil dan 1 Motor Bertabrakan di Ponorogo hingga Terjun ke Sungai

Mengenal Kuliner Sate Blendet Ponorogo, Rasanya Khas hingga Cuma Ada di Balong

Senin, 09 Oktober 2023 | 07:42 WIB
header img
Sate Blendet khas Kecamatan Balong Ponorogo foto: yt Jony Rahardja

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo, memang menjadi surganya kuliner, bahkan sebagian besar merupakan khas kota Ponorogo, salah satunya adalah Sate Blendet. Bahkan makanan ini cuma ada di Kecamatan Balong, hingga juga dikenal dengan sebutan Sate Balong.

Sate Blendet memiliki daya tariknya sendiri, dan berbeda dengan sate Ponorogo lainnya. Nama "Blendet" diambil karena tekstur bumbunya yang kental dan pekat, mirip dengan lumpur, dan masyarakat setempat menyebutnya sebagai 'Blendet'.

Sate Blendet ini memiliki bahan dasar daging ayam yang dipanggang dengan bumbu rempah berwarna kuning. Rasa sate ini unik, dengan sentuhan gurih yang sedikit manis. Bumbunya terbuat dari campuran rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, santan, dan kunyit.

Keunikan Sate Blendet terletak pada penyajiannya. Biasanya, sate disajikan dengan potongan lontong, namun Sate Blendet disajikan dengan nasi bumbu tahu kecap yang memiliki cita rasa pedas dan gurih.

Daging ayam yang empuk dihiasi dengan kuah kental yang gurih. Kemudian diberi topping berupa tahu goreng, irisan kol, tauge, dan seledri cincang, lalu disiram dengan bumbu kecap kacang.

Makan Sate Blendet seperti menggabungkan dua hidangan dalam satu sajian. Kombinasi gurih dari sate dipadu dengan manis pedas dari bumbu tahu akan menggoyang lidah Anda dalam setiap gigitannya.

Kuliner khas Ponorogo ini telah ada sejak tahun 1960-an dan masih menjadi favorit hingga saat ini. Penamaan "Sate Blendet" sendiri merujuk pada warna kuning kental dari bumbunya yang menjadi ciri khas hidangan ini.

Bagi yang ingin menikmati kelezatan Sate Blendet dan berada di Kabupaten Ponorogo, bisa mencoba mencarinya di Pasar Balong, Kecamatan Balong. Selain enak, harga satu porsi Sate Kopok juga sangat terjangkau.

Editor : Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut