get app
inews
Aa Read Next : Kesaktian Eyang Djojodigdo, Bisa Hidup Kembali Jika Jasad Menyentuh Tanah

Siapa Penemu Pertama Kali Ikan Mujair, Ini Sosoknya

Minggu, 22 Oktober 2023 | 13:44 WIB
header img
Ikan mujair ternyata ada penemunya foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Sebagian orang pasti mengenal bahkan pernah mengkonsumsi ikan mujair, namun tidak banyak yang tahu siapa orang yanh pertama menemukan ikan tersebut. 

Orang yang patut diakui sebagai penemu ikan mujair ini adalah seorang pria bernama Iwan Dalauk, lebih dikenal sebagai Mbah Moedjair

Mbah Moedjair berasal dari Blitar, Jawa Timur, dan lahir pada tahun 1890. Sayangnya, namanya tidak sepopuler ikan mujair yang ditemukannya. Namun, kontribusi besar Mbah Moedjair tidak boleh terlupakan.

Mbah Moedjair adalah seorang jogoboyo, seorang juru pengatur air irigasi. Ia telah meninggalkan warisan yang sangat berharga dalam budidaya ikan di Indonesia. Terlepas dari pekerjaannya yang tidak terkait langsung dengan dunia perikanan, inovasinya dalam menciptakan mujair menjadi cikal bakal kesuksesan budidaya ikan ini.

Pada masa itu, mujair adalah ikan yang biasa hidup di air asin. Mbah Moedjair memiliki ide untuk mengembangbiakkannya di lingkungan air tawar. Ia melakukan 11 kali uji coba dengan cara perlahan-lahan mengurangi kadar air asin dalam tempat pemeliharaan ikan. Setiap percobaan membawanya lebih dekat ke pencapaian tujuannya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut