get app
inews
Aa Read Next : 5 Negara Ini Membuat Israel Takut, Nomor Terakhir Punya Senjata Nuklir dan Tak Pernah Akui Zionis 

Ini Profil Zohreh Elahian, Wanita Pertama yang Terdaftar di Pemilihan Presiden Iran

Senin, 03 Juni 2024 | 13:18 WIB
header img
Zohreh Elahian menjadi wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Iran. Foto: Istimewa

Diskualifikasi ini didasarkan pada Pasal 115, yang menetapkan bahwa calon harus berasal dari kalangan politik atau agama dan merupakan "rijal" (jamak dari "rajul"), sebuah kata benda Arab yang berarti "laki-laki".

Namun, beberapa ahli konstitusi dan politisi mengartikan "rijal" sebagai "tokoh" atau "orang" tanpa memperhatikan gender, bukan hanya berarti "laki-laki".

Azam Taleghani, seorang politisi perempuan dan jurnalis reformis veteran, mendaftar untuk mencalonkan diri dalam setiap pemilihan presiden dari tahun 1997 hingga kematiannya pada tahun 2019. Meskipun dijuluki "feminis Islam", Taleghani selalu ditolak oleh Dewan Wali.

Pada tahun 2009, Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang populer mengusulkan Elahian sebagai menteri kesejahteraan dan jaminan sosial. Namun, dia menolak pencalonan tersebut dengan alasan penolakan dari ulama senior Syiah terhadap perempuan yang menjabat sebagai menteri.

Calon perempuan lain dari Ahmadinejad, Marzieh Vahid-Dastjerdi, seorang dokter dan mantan anggota parlemen konservatif, disetujui oleh parlemen sebagai Menteri Kesehatan, menjadikannya menteri perempuan pertama dan satu-satunya dalam sejarah Republik Islam.

Beberapa tokoh politik lainnya mendaftar untuk mencalonkan diri pada Sabtu. Di antaranya adalah Wali Kota Teheran Alireza Zakani, anggota parlemen reformis Masoud Pezeshkian, dan Vahid Haghanian yang merupakan anggota kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut