get app
inews
Aa Read Next : 5 Negara Ini Membuat Israel Takut, Nomor Terakhir Punya Senjata Nuklir dan Tak Pernah Akui Zionis 

Ini Profil Zohreh Elahian, Wanita Pertama yang Terdaftar di Pemilihan Presiden Iran

Senin, 03 Juni 2024 | 13:18 WIB
header img
Zohreh Elahian menjadi wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Iran. Foto: Istimewa

Pendaftaran Haghanian, yang dijuluki oleh pengguna media sosial sebagai "kejutan terbesar" dari pendaftaran pemilu, dan motifnya telah membingungkan para pengamat. Seperti Elahian, banyak yang yakin bahwa dia tidak akan memenuhi syarat untuk mencalonkan diri.

Presiden Iran Ebrahim Raisi, seorang konservatif yang dipandang sebagai calon penerus Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, meninggal ketika helikopternya jatuh dalam cuaca buruk di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan pada 19 Mei 2024. Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan enam penumpang serta awak lainnya juga tewas dalam kecelakaan tersebut. Sesuai konstitusi Iran, pemilihan presiden harus segera dilakukan untuk menentukan pengganti Raisi.

Politik Iran belakangan ini telah menjadi sorotan karena beberapa peristiwa. Pemerintah di Teheran sering dikritik oleh negara-negara Barat karena tindakan kerasnya terhadap anak-anak muda yang menuntut reformasi atas aturan yang dijalankan oleh pemerintah berlandaskan Islam. Demonstrasi-demonstrasi yang menuntut reformasi telah berlangsung sejak tahun 2022 setelah kematian Mahsa Amini, seorang perempuan yang ditahan oleh Polisi Moral karena tidak mengenakan hijab.

Serangan Israel ke Gaza juga telah menjadi faktor dalam politik Iran belakangan ini. Iran telah diketahui mendukung sejumlah kelompok di wilayah tersebut yang saat ini melakukan tekanan militer agar Israel menarik diri dari Gaza. Dukungan ini telah menimbulkan konflik antara Iran dan Israel.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut