get app
inews
Aa Read Next : Tumbangkan Thailand di Final, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024

Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari, Nyala Api Perlawanan di Surabaya Lawan Tentara Sekutu

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 10:35 WIB
header img
KH Hasyim Asy'ari, dengan fatwa jihadnya, berhasil menyatukan umat Islam Indonesia dan mengobarkan semangat perlawanan terhadap tentara sekutu Belanda dan Inggris. Foto: NU

Fatwa jihad ini menjadi semangat baru bagi rakyat Surabaya. Mereka berbondong-bondong mengangkat senjata, siap mempertahankan kemerdekaan yang baru saja diraih.

Pertempuran sengit pun tak terelakkan. Pada 10 November 1945, peristiwa bersejarah pecah di Surabaya. Rakyat Surabaya, dengan semangat juang yang tinggi, melawan pasukan sekutu. Pertempuran ini kemudian dikenal sebagai salah satu pertempuran paling dahsyat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di bawah langit Surabaya, semangat juang rakyat Indonesia berkobar. Proklamasi kemerdekaan telah mengusik kepentingan kolonialisme. Kedatangan pasukan Inggris dan provokasi Belanda semakin menyulut api perlawanan.

Di tengah situasi yang genting, sosok KH. Hasyim Asy'ari muncul sebagai bintang penuntun.

Dengan kharisma yang tak tertandingi, beliau mengeluarkan fatwa jihad yang menggetarkan seluruh Nusantara. Kata-kata beliau bagai embun pagi yang menyejukkan hati, namun sekaligus membakar semangat juang. "Hukumnya memerangi orang kafir yang merintangi kepada kemerdekaan kita sekarang ini adalah fardlu 'ain bagi tiap-tiap orang Islam," tegas beliau.  

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut