get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pemain Uzbekistan Menghirup Sesuatu Saat Lawan Timnas Indonesia U-23

Viral Beli Motor Yamaha NMax di Jepang, WNI Ini Malah Kaget, Ternyata Buatan Indonesia

Rabu, 14 Agustus 2024 | 14:21 WIB
header img
Viral WNI beli motor Yamaha NMax di Jepang ternyata buatan Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Sebuah video viral menunjukkan seorang warga negara Indonesia (WNI) di Jepang membeli Yamaha NMax yang ternyata diproduksi di Indonesia.

Hal ini diketahui ketika pemilik motor tersebut memeriksa kendaraannya dan menemukan tulisan "Made in Indonesia" di bawah jok motor.

"Jauh-jauh beli motor di Jepang, ternyata buatan INDONESIA," tulis akun TikTok @ayuugann yang membagikan video tersebut.

Video itu menampilkan sejumlah bukti bahwa motor tersebut memang diproduksi di Indonesia. Tidak hanya label "Made in Indonesia" yang terlihat pada motor, tetapi juga buku manual kendaraan yang menunjukkan bahwa panduan tersebut dicetak di Indonesia, lengkap dengan bulan dan tahunnya. Padahal, WNI tersebut membeli motor tersebut di Jepang.

Jika dilihat, Yamaha NMax yang digunakan adalah generasi kedua yang belum dilengkapi fitur Turbo. Meski modelnya sama seperti yang ada di Indonesia, kapasitas mesinnya lebih kecil, yaitu 125 cc.

Sebagai informasi, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) memang menjadi pusat ekspor NMax ke beberapa negara seperti Eropa, Jepang, ASEAN, dan Australia. Karena itu, motor Yamaha buatan Indonesia banyak ditemui di berbagai negara.

Video ini membuat netizen terkejut. Banyak komentar yang diungkapkan oleh warganet yang bangga bahwa Indonesia bisa mengekspor motor ke negara asalnya.

"Komponennya memang buatan Jepang, tapi dirakitnya di Indonesia. gituuu," tulis @sam***.

"Kalau bisa ekspor ke Jepang dan Eropa, berarti kualitas Yamaha Indonesia memang mantap," kata @dal***.

"Yang pasti produknya lebih bagus dari yang di pasaran Indonesia. Soalnya dulu waktu kerja di perusahaan sparepart, barang yang buat lokal dan ekspor dibedakan," ujar @moh***.

"Tapi percayalah, kualitas untuk ekspor beda dengan yang buat lokal," kata @god***.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut