get app
inews
Aa Read Next : Deretan Tradisi Unik Suku Bugis, Ada Tarian Magis hingga Tarung Sarung

Warga di Pemalang Gelar Tradisi Ngambeng, Jalin Silaturahmi saat Lebaran

Senin, 02 Mei 2022 | 19:03 WIB
header img
Warga di Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang saat mengikuti tradisi Ngambeng saat Lebaran, Senin (2/5/2022). Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEMALANG, iNews.id - Ratusan warga di Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang menggelar tradisi Ngambeng saat Lebaran, Senin (2/5/2022). Tradisi yang telah berjalan sejak setengah abad silam sebagai sarana menjalin silaturahmi antarwarga. 

Ratusan warga di Kelurahan Purwoharjo memadati musala setempat setelah Salat Idul Fitri di lapangan. Mereka masing-masing membawa makanan dari rumah, seperti ketupat, ayam opor, lontong hingga buah-buahan untuk dihidangkan kepada warga lainnya pada acara tradisi Ngambeng.

“Tradisi Ngambeng telah berjalan turun-temurun sebagai wujud syukur telah menjalani puasa sebulan penuh. Selain itu juga menjadi sarana mengumpulkan warga saat Idul Fitri agar bisa saling silaturahmi dan memaafkan,” kata panitia tradisi Ngambeng, Imron Rosyadi. 

Dalam tradisi ini, jemaah diberi siraman rohani oleh kiai setempat dengan pesan-pesan untuk senantiasa rukun dan menjaga persatuan. Setelah itu dilanjutkan doa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan warga serta masyarakat Indonesia.

Ketika tiba saatnya untuk menyantap hidangan, warga membagikan makanan kepada jemaah yang hadir. Mereka lalu makan bersama sebagai simbol kerukunan dan kebersamaan dalam kemakmuran, serta saling peduli. 

Acara ditutup dengan saling bersalaman, dan memaafkan. Diharapkan dengan momen Idul Fitri, terjalin kerukunan dan keharmonisan antarwarga. 

 

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut