get app
inews
Aa Read Next : Calon DPD RI Kondang Kusumaning Ayu Viral di Ponorogo, Segini Perolehannya

Cara Membuat Bumbu Rawon Khas Jawa Timur, Gurihnya Bikin Nagih!

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:46 WIB
header img
Cara membuat bumbu rawon (Foto: Instagram@frida.ummukaisah )

JAKARTA, iNews.id - Bumbu rawon identik dengan tampilan kuahnya yang hitam berkat rempah bernama kluwek. Isi buah yang direbus terlebih dahulu ini dicampurkan dengan kuah kaldu sapi yang juga dipakai untuk memasak dagingnya.

Selain warna hitam pekatnya, kaldu dari sapi juga memberi rasa yang khas dan tidak lazim ditemui di masakan-masakan lainnya. Lantas, bagaimana asal usul dan resep bumbu rawon? Dirangkum pada Sabtu (14/5/2022), simak selengkapnya berikut ini.

Makanan yang memiliki cita rasa gurih dengan isian daging  sapi ini merupakan salah satu masakan khas Jawa Timur yang masih autentik dan paling tua di Indonesia. Seiring perkembangan zaman memang banyak pengaruh asing yang sudah berasimilasi dengan kearifan lokal, termasuk masakan tradisional.

Tapi, rawon terhitung sebagai makanan yang paling klasik dengan penampilan uniknya yang sudah dikenal sejak abad ke-10. Maka, tak heran jika banyak rumah tangga di kota ataupun desa yang masih memasak rawon sebagai makanan rumahan sehari-hari.

Apalagi resep bumbu rawon khas Jawa Timur ini juga mudah dibuat. Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan taoge rebus. Untuk menambahkan rasa penikmat rawon, bisa juga menambahkan daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera. Rawon juga cocok dikonsumsi bersama kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Lantas, bagaimana cara membuat rawon? Berikut bumbu rawon yang enak dan pastinya memanjakan lidah Anda, dikutip dari Instagram @frida.ummukaisah.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut