get app
inews
Aa Read Next : Deretan Bukit yang Dikenal Menakutkan di Indonesia, Ada Bukit Soeharto

Mitos Dua Desa Tidak Bisa Bersatu Masih Dipercaya, Begini Ceritanya

Minggu, 22 Mei 2022 | 17:49 WIB
header img
Makam dua tokoh Joko Lancur Dan Siti Aminah legenda yang hingga kini masih dipercaya oleh warga (foto; Istimewa)

Dari situ Ki Ageng Honggolono emosi. Pasalnya merasa dipermalukan. Karena kejadian tersebut, akhirnya Siti Aminah meninggal dunia, lantas Joko Lancur menyusul dengan melakukan bunuh diri karena tidak kuat melihat kekasihnya mati.

Setelah Joko Lancur meninggal, Ki Ageng Honggolono pun mengeluarkan sabda atau sumpah. Isinya "Wong Golan lan wong Mirah ora oleh jejodhoan. Kaping pindo, isi-isine ndonyo soko Golan kang ujude kayu, watu, banyu lan sapanunggalane ora bisa digowo menyang Mirah. Kaping telu, barang-barange wong Golan Karo Mirah ora bisa diwor dadi siji. Kaping papat, Wong Golan ora oleh gawe iyup-iyup saka kawul. Kaping limone, wong Mirah ora oleh nandur, nyimpen lan gawe panganan soko dele,"

(Orang Golan dan orang Mirah tidak boleh berjodoh. Kedua, semua isi bumi seperti kayu, batu, air dan semua yang sama tidak bisa dibawa ke Desa Mirah. Ketiga barang-barang dari Desa Golan dan Mirah tidak bisa jadi satu. Keempat Desa Golan tidak boleh buat peneduh dari damen. Kelima warga Desa Mirah tidak boleh menanam, menyimpan dan membuat makanan dari kedelai).

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut