Dipersiapkan untuk Menjelajah Mars, Pesawat Ini Bisa Beroperasi Tanpa Motor

Dini Listiyani
Dipersiapkan untuk Menjelajah Mars, Pesawat Ini Bisa Beroperasi Tanpa Motor (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Keberhasilan besar dari helikoper Mars Ingenuity telah membuktikan kemungkinan untuk menjelajahi planet lain dari udara. Para peneliti sedang mengerjakan berbagai konsep pesawat terbang untuk misi planet masa depan. 

Untuk mengisi pengetahuan tentang Mars antara penjelajah di permukaan dan pengorbit di luar angkasa, para peneliti dari Univeristy of Arizona telah mengusulkan sailplane eksperimental yang beroperasi tanpa motor dan dapat berlayar di udara Mars selaam berhari-hari.

"Anda memiliki bagian yang sangat penting dan kritis ini di lapisan batas planet ini, seperti beberapa kilometer pertama di atas tanah," kata Alexandre Kling, seorang ilmuwan peneliti di Pusat Pemodelan Iklim Mars NASA, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Lebih lanjut, peneliti mengatakan di sinilah semua pertukaran antara permukaan dan atmosfer terjadi. Di sinilah debu diambil dan dikirim ke atmosfer, di mana jejak gas bercampur, di mana modulasi angin skala besar oleh aliran lembah gunung terjadi. Dan mereka tidak memiliki banyak data tentang itu.

Idenya adalah untuk mengisi celah ini dengan pesawat layar bertenaga angin yang bisa meluncur di udara saat ada cukup angin, dan juga menggunakan teknik yang disebut Dynamic Soaring saat angin vertikal tidak cukup kuat untuk menahannya di udara. 

Serupa dengan cara burung seperti elang laut dapat terbang dalam perjalanan yang sangat jauh, teknik ini memanfaatkan cara ketinggian yang lebih tinggi cenderung memiliki angin yang lebih kuat, memungkinkan pesawat untuk terus terbang dengan mengubah arah dan ketinggian sesuai kebutuhan.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network