Tahukah Kamu Ada Planet Pengembara, Apakah Berbahaya bagi Bumi

Putra
Di ruang angkasa ada planet pengembara (Foto:Bibiana Prinoth)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Terungkap dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan kita, bahwa ternyata tidak semua planet mengitari bintang. Sebagian planet bergerak secara mandiri di luar angkasa, melayang-layang tidak tentu arah. Benda-benda terbang yang menyerupai planet terbang tersebut dikenal dengan sebutan planet pengembara.

Tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah planet yang ada di luar angkasa. Bahkan ada milyaran planet di galaksi Bimasakti saja. Para ahli yakin jika jumlah planet pengembara di galaksi kita lebih banyak daripada jumlah bintangnya.

Karena planet-planet pengembara ini selalu bergerak dan tidak memancarkan cahaya, mereka sulit dideteksi.

Tapi, NASA berharap bisa menemukan planet-planet pengembara ini dengan sebuah alat baru. Teleskop ini dinamakan Teleskop Antariksa Nancy Grace Roman.

Dilansir dari Wonderopolis, teleskop ini akan membantu para ilmuwan menemukan planet-planet pengembara dengan mendeteksi microlensing. Itu terjadi ketika cahaya dari sebuah bintang membelok ke arah gravitasi planet.

Mendeteksi pembelokan cahaya ini, Teleskop Nancy Grace Roman bisa membantu para ilmuwan menemukan planet-planet pengembara yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Kemudian bagaimana planet bisa disebut planet pengembara? Ternyata jawabannya adalah banyak planet yang dipaksa keluar dari tata surya oleh gravitasi planet atau bintang lain.

Editor : Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network