Taklukkan Pajang, Mataram Dibantu Pasukan Gaib Pantai Selatan dan Gunung Merapi

Putra
Kerajaan Mataram dibantu pasukan gaib pantai selatan dan Gunung Merapi (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Ada banyak kisah tentang kerajaan Mataram Islam mulai menjadi kerajaan besar di Pulau Jawa saat Panembahan Senopati naik menjadi raja menggantikan Ki Ageng Panembahan yang wafat. Dimana sebelumnya Mataram Islam merupakan daerah kekuasaan Pajang.

Pajang masih menguasai Mataram sepenuhnya saat Senopati menjadi raja di Mataram. Kerajaan Pajang kala itu dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya. Berbagai upaya memerdekakan diri dari Pajang pun ditempuh Senopati.

Diceritakan dalam buku "Hitam Putih Kekuasaan Raja - Raja Jawa Intrik, Konspirasi Perebutan Harta, Tahta, dan Wanita" karya Sri Wintala Achmad, sejumlah taktik disusun Panembahan Senapati. Langkah pertama Panembahan Senapati membujuk 8.000 mantri pemajekan yang akan menyerahkan pajak ke Kasultanan Pajang.

Langkah politis ini disebut membawa keberhasilan gemilang. Terbukti selain banyak mantri pemajekan, diantaranya Demang Bocor yang berusaha membunuh Panembahan Senapati berangsur-angsur berpaling dari Pajang ke Mataram.

Hal ini mempengaruhi penghasilan Mataram yang mengalami kenaikan penghasilan signifikan. Oleh Panembahan Senapati, sebagian pendapatan yang diperoleh dari para mantri digunakan untuk membangun benteng pertahanan Mataram, untuk mempertahankan kerajaan dari serangan musuh.

 

Editor : Dinar Putra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network