get app
inews
Aa Read Next : Viral, Pria Ini Ditungguin Sholat Jumat Teman Sekantor Non Muslim Untuk Makan Bersama

Manfaat Sarapan Roti Gandum Untuk Kesehatan Pencernaan

Selasa, 21 Juni 2022 | 06:33 WIB
header img
Manfaat roti gandum. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id Roti gandum bisa menjadi pilihan makanan yang bergizi untuk sarapan. Roti gandum kaya akan manfaat, salah satunya ialah memberikan energi lebih banyak ketimbang roti putih.

Dilansir SFGATE, berikut manfaat roti gandum bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mengandung zat besi

Dua lapis roti gandum menyediakan sekira 2,5 miligram zat besi. Mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak.

Akan tetapi, mengingat orang dewasa hanya membutuhkan 8 - 18 miligram zat besi setiap hari, maka konsumsi roti gandum dapat memenuhi lebih dari seperempat kebutuhan harian.

Mendapatkan cukup zat besi dapat membantu memastikan oksigen mengalir dengan baik melalui darah ke otak serta terhindar dari sakit kepala dan kelelahan.

2. Sumber serat yang baik

Menurut data, banyak orang mengonsumsi serat kurang dari yang disarankan. Roti gandum dapat menambah sekira 3 gram serat per lapis. Jadi 2 lapis roti gandum bisa memenuhi hampir sepertiga dari kebutuhan serat harian.

Tambahkan beberapa irisan alpukat atau dan sayuran lain sehingga bisa dijadikan roti lapis atau sandwich yang kaya akan serat.
Makan cukup serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan mengontrol berat badan.

3. Memberikan energi lebih banyak

Kandungan serat yang tinggi dan sekira 5 gram protein per lapis pada roti gandum memberikan energi lebih banyak bila dibandingkan roti putih.

Mereka yang mengonsumsi roti gandum cenderung merasa lebih berenergi, kenyang dalam waktu lama, dan tidak makan terlalu banyak.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut