get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Pemula Wajib Tahu, Kenali 5 Istilah Saat Naik Gunung

Misteri 3 Puncak Gunung Lawu, Ada Tempat Bertapa Hingga Kisah Mistis

Senin, 11 Juli 2022 | 16:18 WIB
header img
Gunung Lawu yang menjadi pusat budaya bagi masyarakat menyimpan kisah misteri. (Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.id Gunung Lawu merupakan pusat budaya Jawa bagi masyarakat sekitar lereng Lawu. Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter mdpl ini masih kental dengan kisah mistis.

Nama gunung Lawu juga disebut dalam ramalan dalam tradisi Jawa Kuno yang sangat terkenal yakni Jangka Jayabaya (ramalan Jayabaya). Jayabaya adalah Raja Kediri di bait syair terakhirnya.

Kepercayaan masyarakat Jawa yang masih kental dengan adat budaya Jawa, memiliki kepercayaan bahwa gunung berapi ini menyimpan misteri yang tiada habisnya.

Seperti diceritakan oleh tokoh spiritual yang juga pemerhati gunung Lawu menyebutkan  mulai puncak gunung sampai ke kaki gunung yang dahulu bernama Wukir Mahendra, pesona mistiknya luar biasa.

"Tak heran jika Lawu dijuluki gunung dengan seribu misteri. Karena apa pun ada di Lawu. Mulai dari tanaman jamu, bunga, alam, budaya, sejarah, sampai ke wisata religi," kata pria yang juga anggota tim senior SAR gunung Lawu.

Menurut Pak Po misteri Lawu salah satunya adalah tiga puncak utamanya, yakni Hargo Dumilah puncak tempat muksanya Brawijaya V, Hargo Dalem, Hargo Dumiling. Sering digunakan sebagai tempat untuk menyepi dan meditasi.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut